Text
Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Manajemen Kesiswaan Di MAN Nganjuk Tahun Pelajaran 2013 / 2014
ABSTRAK
MIFTACHUL NGULUM, Dosen Pembimbing Drs. ISKANDAR TSANI, M.Ag. dan NINIK ZUROIDAH, M.Si.: Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Manajemen Kesiswaan Di MAN Nganjuk Tahun Pelajaran 2013 / 2014.
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Manajemen kesiswaan , Kedisiplinan siswa.
Dalam suatu lembaga pendidikan, kepala sekolah memiliki peran yang sangat menentukan maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan karena kepala sekolah mempunyai peran yang sangat besar dalam mengembangkan sebuah lembaga pendidikan, dalam hal ini khususnya untuk meningkatkan kedisiplinan siswanya.Dalam proses pelaksanaannya peningkatan kediplinan siswa di madrasah harus disertai dengan strategi perencanaan yang baik agar tercapainya tujuan yang dicita-citakan yaitu melalui manajemen kesiswaan yang baik. Oleh karena itu maka diperlukan suatu proses perencanaan demi tercapainya suatu tujuan yang efektif dan efisien. Agar tidak ada kesalahan dalam penerapan kedisiplinan, maka semaksimal mungkin madrasah bisa merencanakan suatu proses yang matang. Untuk itulah dalam suatu proses diperlukan sebuah strategi atau upaya - upaya yang harus dilakukan oleh madrasah
Dari sedikit pemaparan diatas maka Fokus penelitian ini adalah: 1).Bagaimana kedisiplinan siswa di MAN Nganjuk Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ?, 2). Bagaimana upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui manajemen kesiswaan di MAN Nganjuk Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ?, 3).Apa Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui manajemen kesiswaan di MAN Nganjuk Tahun Pelajaran 2013 / 2014?. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui kedisiplinan siswa di MAN Nganjuk Tahun Pelajaran 2013 / 2014, 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui manajemen kesiswaan di MAN Nganjuk Tahun Pelajaran 2013 / 2014, 3) Untuk mengetahui Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui manajemen kesiswaan di MAN Nganjuk Tahun Pelajaran 2013 / 2014.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik eksporatif dan deskriptif, untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan tahap penulisan laporan data.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : kedisiplinan siswa MAN Nganjuk masih dikatakan cukup disiplin, sedangkan upaya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu sering mengadakan sosialisasi tata tertib baik melalui slogan – slogan, tata tertib yang ditempel di kelas dan tiap upacara, BK juga secara terjadwal mengadakan penyuluhan kedisiplinan dan apabila ada siswa yang melanggar tata tertib maka akan diberikan sanksi dan point sesuai pelanggaranya, dan faktor yang mendukung peningkatan kedisiplinan siswa diantararanya, adanya kontrol dari kepala madrasah, adanya peran aktif dari para dewan guru untuk selalu mengarahkan siswa agar selalu bersikap disiplin.sedangkan faktor penghambat peningkatan kedisiplinan siswa itu karena kurangnya kesadaran siswa untuk bersikap disiplin yang di pengaruhi dari lingkungan di rumah, pengaruh lingkungan masyarakat sekitar yang dekat perkotaan serta pengaruh lingkungan bermain & teman sehari – hari.
Tidak tersedia versi lain