Text
Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gurah
ABSTRAK
SITI ROFI’ATUL MU’ALLIMAH, Dosen Pembimbing WAHIDUL ANAM M.Ag dan AHMAD TAUFIK S. Ag M.Si.: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an
Di era globalisasi ini masih banyak di kalangan masyarakat khususnya anak muda yang masih bersekolah yang mangalami kesulitan belajar apalagi dalam hal membaca Al-Qur’an. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda sehingga setiap anak pasti mengalami kesulitan belajar yang berbeda pula apalagi dalam hal membaca Al-Qur’an. Namun realitasnya sekarang banyak anak muda khususnya yang masih bersekolah lebih suka membaca SMS, majalah, koran dll dibandingkan dengan membaca Al-Qur’an, sehingga ketika mereka dites guru untuk membaca Al-Qur’an mereka mengalami kesulitan membaca. Dari latar belakang ini penulis melakukan penelitian yang berfokus pada: 1. Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs. Sunan Gunung Jati Gurah?. 2. Bagaimana Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati?.3. Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati?.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Untuk analisis datanya peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan untuk keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi.
Dari hasil penelitian tentang Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gurah dapat disimpulkan bahwa: 1. Kemampuan siswa kelas VII dalam membaca Al-Qur’an masih rendah. Dan pada umumnya mereka masih mengalami kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. 2. Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa: Pengajaran Perbaikan, Peningkatan Motivasi Belajar Siswa, dan Bimbingan Belajar. 3. Faktor Pendukung Dan Penghambat. a. Faktor Pendukung: Tersedianya Mushola, Kemampuan dari diri siswa sendiri, Keberadaan TPQ, BTQ, Kegiatan lailatul qiro’ahdan lailatus sholawat, Kegiatan membaca Al-Qur’an selama 1 minggu saat puasa. b. Faktor penghambat: Tingkat kecerdasan siswa belajar membaca Al-Qur’an rendah, Kurang adanya minat dan motivasi siswa, Waktu mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang terbatas, Kurang motivasi dan kesadaran dari pihak keluarga tentang belajar Al-Qur’an, Pengaruh perkembangan teknologi serta cara bergaul siswa di sekolah atau di masyarakat.
Tidak tersedia versi lain