Text
Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengartikan Sifat Mustahil Allah Siswa Kelas III SDN Nglawak II Prambon
ABSTRAKSI
RIRIN MASRUROH, Dosen Pembimbing Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag
dan Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag; Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengartikan Sifat Mustahil Allah Siswa Kelas III SDN Nglawak II Prambon, Guru Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci; Make a Match, Mengartikan sifat Mustahil Allah.
Penerapan metode Make a Match sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokan kartu yang ada di tangan siswa, proses pembelajaran lebih menarik dan nampak sebagian besar siswa lebih antusias mengikuti proses pembelajaran, dan keaktifan siswa tampak sekali pada saat mencari pasangan kartu. Dalam pelaksanaannya pembelajaran dengan metode Make a Match dapat merubah peran guru dari peran terpusat pada guru ke peran penggerak atau pembimbing dan pengelola kelompok kecil, sedangkan siswa berperan sebagai perima atau dibimbing.
Penelitian skripsi ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis metode kolaboratif dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain putaran spiral, menggunakan prasiklus dan II siklus penelitian pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan peningkatan kemampuan siswa dalam mengartikan sifat Mustahil Allah siswa kelas II SDN Nglawak II Prambon dengan menggunakan metode Make a Match.
Penelitian ini dilakukan terhadap 17 siswa kelas III SDN Nglawak II Prambon. Data diperoleh secara kualitatif adalah dat tes, observasi dan angket. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah data tentang hasil belajar siswa dengan memberikan tes kepada siswa pilihan ganda, isian dan uraian yang berjumlah 45 soal sampai akhir siklus, data tentang hasil penilaian kegiatan siswa saat pembelajaran menggunakan lembar observasi secara keseluruahan dan kegiatan siswa untuk setiap kelompok. Dan untuk mengetahui respon siswa setelah pembelajaran menggunakan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Make a Match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengartikan sifat Mustahil Allah. Ini terbukti mulai dari prasiklus menuju siklus I meningkat 53% dari siklus I menuju siklus II meningkat 6%. Sehingga peningkatan dari prasiklus sampai siklus II adalah 59%.
Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa peningkatan yang signifikan dapat diharapkan. Penggunaan metode Make a Match menjadi salah satu metode yang unggul dalam proses belajar mengajar. Harapan peneliti bagi peneliti lain bahwa metode pembelajaran ini dapat dijadikan suatu alternatif oleh guru agar pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa serta dapat memberikan variasi bagi siswa agar tidak bosan.
Tidak tersedia versi lain