Text
Pengaruh Status Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa di MTs Negeri Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014,
ABSTRAKS
MUTAMIMAH, Dosen Pembimbing, Dr. H. Ali Anwar, M. Ag dan Iwan Marwan, M. Hum, Pengaruh Status Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa di MTs Negeri Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Pengaruh Status Ekonomi Keluarga, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa
Dalam pembahasan terhadap hasil belajar, status ekonomi keluarga adalah salah satu hal yang memiliki pengaruh cukup signifikan dalam menentukan apakah seorang siswa memiliki motivasi tinggi dalam kegiatan belajar mengajar yang kemudian mempengarui hasil belajarnya. Hal tersebut disebabkan tingkat ekonomi orang tua juga menentukan fasilitas-fasilitas belajar yang diterima siswa nantinya. Anak dari keluarga berstatus ekonomi rendah kemungkinan mempunyai motivasi belajar tinggi karena ingin mendapat hasil belajar yang tinggi sehingga dapat memperoleh pekerjaan yang baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berangkat dari hal tersebut peneliti bermaksud menelaah lebih jauh 1) Bagaimanakah pengaruh status ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar?; 2) Bagaimanakah pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa?; 3) Bagaimanakah pengaruh status ekonomi keluarga terhadap hasil belajar?; dan 4) Bagaimanakah pengaruh status ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri Pagu Kab. Kediri yang berjumlah 900 siswa. Sampel data penelitian ini diperoleh sebanyak 110 siswa. Teknik pengambilan sampel (sampling) yang ditempuh adalah teknik random stara. Metode pengumpulan data dengan angket, metode dokumentasi, wawancara dan analisis data statistik. Peneliti menganalisis data dengan rumus analisis jalur, karena variabel (x), mediator dan variabel (y) tidak berdistribusi normal.
Dalam penelitian ini terdapat empat temuan, yaitu ; 1) tidak ada pengaruh antara status ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa di MTs Negeri Pagu Kediri pada tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis nilai Sig. = 0,565 yang lebih besar dari 0,05, 2) tidak ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MTs Negeri Pagu Kediri pada tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis nilai Sig. = 0,342 yang lebih besar dari 0,05, 3) tidak ada pengaruh antara status ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa di MTs Negeri Pagu Kediri pada tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis nilai Sig. = 0,536 yang lebih besar dari 0,05, dan 4) tidak ada pengaruh antara status ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar di MTs Negeri Pagu Kediri pada tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis Sig. = 0,507 yang lebih besar dari 0,05 dan hasil analisis nilai t yaitu 0,036 lebih kecil dari t yaitu 1,96
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Ekonomi keluarga | Cet. 1 | 0 |