Text
Implementasi Metode Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Annidhom Branggahan Ngadiluwih Kediri
ABSTRAK
TITIK ROHMIATI, Dosen Pembimbing DRS. MOH. IRFAN BURHANI, M.Psi dan DR. H. SAMSUL HUDA,.M.Ag.: Implementasi Metode Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Annidhom Branggahan Ngadiluwih Kediri, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2013.
Kata Kunci : Implementasi, Motivasi Belajar.
Berdasarkan pengalaman peneliti melakukan observasi pada saat pelajaran aqidah akhlak dimulai ada 2 siswa yang ramai, 2 anak datang terlambat dan 3 lainya tidak mencatat , tidak membawa buku serta tidak mengerjakan PR. Untuk mengatasi tersebut peneliti mencoba menggunanakan stategi belajar yang berbeda dari biasanya yang menurut asumsi peneliti akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, metode tersebut adalah Teams Games Tournament (TGT). Dengan menerapkan metode TGT pada mata pelajaran aqidah akhlak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Annidhom Branggahan Ngadiluwih Kediri.
Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk penelitian diskriptif kualitatif, dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan interview. Sedangkan untuk menganalisanya, penulis menggunakan tehnik analisis diskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode teams Games Tuornament (TGT), dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini dibuktikan pada data awal (pra siklus) nilai anak-anak sebelum menggunakan TGT yaitu: 6,65 dan pada siklus ke I nilainya : 7,48 dan siklus ke II mendapat nilai : 7,95. Berdasarkan data tersebut peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan metode TGT terjadi dari pra siklus: 6,65 dan siklus I: 7,48 sedangkan siklus II meningkat menjadi 7,95.
Tidak tersedia versi lain