Text
Implementasi Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal 5 Sifat Mustahil Allah Dan Artinya Pada Siswa Kelas III SDN Margourip I Kecamatan Ngancar,
ABSTRAK
RIRIN PUJI ASTUTI, Dosen pembimbing Dr. Hj. Munifah, M.Pd dan Dr. H Anis Humaidi, M.Ag.: Implementasi Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal 5 Sifat Mustahil Allah Dan Artinya Pada Siswa Kelas III SDN Margourip I Kecamatan Ngancar, Penyetaraan S-1 PAI, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Metode Index Card Match , Menghafal dan Hasil Belajar.
Perkembangan desain pembelajaran yang ada di sekolah terus berkembang. Banyak sekali cara yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran guna menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai tujuan pendidikan, salah satunya adalah menerapkan metode baru seperti index card match yaitu mencocokkan pasangan kartu antara pertanyaan dan jawaban. Dalam penerapan metode index card match melibatkan fisik siswa, siswa diajak aktif dalam pembelajaran maka siswa tidak merasa bosan, dengan pembelajaran ini diharapkan bisa memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi/hasil belajarnya. Berawal dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai implementasi metode index card match untuk meningkatkan kemampuan menghafal 5 sifat mustahil Allah dan artinya pada siswa kelas III SDN Margourip I Kecamatan Ngancar.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, implementasi metode index card match dan apakah metode index card match dapat meningkatkan kemampuan menghafal 5 sifat mustahil Allah dan artinya pada siswa kelas III SDN Margourip I kecamatan Ngancar kabupaten Kediri semester II tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, pengamatan partisipasif dan metode dokumentasi, dengan subyek penelitian kelas III SDN Margourip I Kecamatan Ngancar. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus pada pelaksanaan siklus II dilakukan pengembangan dalam langkah – langkah pelaksanaan index card match dengan tujuan meminimalir kegaduhan dari hasil pengamatan, pengembangan tersebut berhasil efektif meminimalisir kegaduhan.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa prosentasi ketuntasan belajar pada prasiklus 27% hanya 3 siswa dari 11 siswa yang mencapai KKM, siklus I meningkat menjadi 64% ada 7 siswa mencapai KKM dan 4 siswa lainnya belum mencapai KKM. Dan terjadi peningkatan ketuntasan belajar pada siklus II menjadi 82% yaitu 9 dari 11 siswa mencapai KKM. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa proses pembelajaran materi menghafal 5 sifat mustahil Allah dan artinya bisa menerapkan metode index card match dan implementasi metode index card match dapat meningkatkan kemampuan menghafal 5 sifat mustahil dan artinya pada siswa kelas III SDN Margourip I Kecamatan Ngancar.
Tidak tersedia versi lain