Text
Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan Kab. Kediri
ABSTRAK
WAHYU AKHMAD KURNIAWAN, Dosen Pembimbing: Dr. Muawanah, M.Pd dan Dra. Fartika Ifriqia, M.Pd : Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan Kab. Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Lembaga setingkat SMAN 1 Plemahan mepunyai peran yang penting dalam manajemen pembelajaran PAI dalam mencapai keberhasilan belajar siswa. Oleh sebab itu maka diperlukan pengaturan secara komprehensif yang salah satunya dengan penyusunan manajemen pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Mengingat dari pentingnya manajemen pembelajaran pendidikan agama islam dalam sebuah lembaga pendidikan umum, maka fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: a) perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Plemahan Kab. Kediri, b) Pengorganisasian pembelajran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Plemahan, c) pelaksanaan pembelajaran PAI di SMAN 1 Plemahan, d) evaluasi pembelajaran PAI di SMAN 1 Plemahan e) Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pembelajaran PAI di SMAN 1 Plemahan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah: a). Wawancara, b). Observasi, c). Dokumentasi. Untuk analisis data metode yang digunakan adalah: a). Pengumpulan data, b). Reduksi data, c). Penyajian data, d). Penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan metode: a). Perpanjangan keikutansertaan, b). Ketekunan pengamatan, c). Triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan: a) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Plemahan Kab. Kediri meliputi pembuatan RPP, Silabus, Prota dan Promes yang sudah sesuai dengan kurikulum dan progam sekolah, b) Pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah dan guru sudah berjalan sesuai dengan tugasnya masing-masing, c) Pelaksanaan pembelajaran PAI berjalan sebagaimana yang direncanakan dalam perencanaan pembelajaran ditambah dengan penanaman nilai relegius dan kepedulian lingkungan, d) Evaluasi pembelajaran PAI terdiri dari ulangan harian, UTS dan UAS, e) Faktor yang mempengaruhi dapat dibedakan menjadi dua yakni a). Faktor pendukung adalah: 1. Sarana dan prasarana yang memadai, 2. Kepala sekolah melakukan evaluasi setiap hari senin dan akhir semester, 3. Guru sudah berkompeten di bidangnya, guru mampu membuat metode pembelajaran yang efektif, 4. Siswa mempunyai motivasi yang tinggi. b). Faktor penghambat adalah : 1. Kurangnya buku paket PAI diperpustakaan, 2. Tingkat kemampuan dan karakteristik siswa yang berbeda-beda.
Tidak tersedia versi lain