Text
Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat Al-Lahab Siswa Kelompok B Tk Kusuma Mulia Mangunrejo Ngadiluwih Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAKSI
MUTHOHAROH, 2014, Dosen pembimbing Drs. MOH. ROIS, MA dan H. Ilham Thohari, SH, M.HI: Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat Al-Lahab Siswa Kelompok B Tk Kusuma Mulia Mangunrejo Ngadiluwih Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata kunci: Metode Drill, Kemampuan menghafal.
Masa kanak – kanak yang disebut juga usia emas atau golden age adalah masa – masa penting anak yang tidak bisa diulang. Pada masa – masa ini, kemampuan otak anak untuk menyerap informasi sangat tinggi. Apapun informasi yang diberikan akan berdampak pada anak di kemudian hari. Di masa – masa inilah, peran orang tua dituntut untuk bisa mendidik dan mengoptimalkan kecerdasan anak baik secara intelektual, emosional dan spiritual. Usia tersebut merupakan waktu yang ideal bagi anak untuk mempelajari berbagai macam keterampilan, membentuk kebiasaan – kebiasaan yang akan berpengaruh pada masa – masa kehidupan selanjutnya, dan memperoleh konsep – konsep dasar untuk memahami diri dan lingkungan sekitar.
Pendidikan dan penanaman akidah pada masa kecil merupakan sesuatu hal yang utama, karena pada masa ini merupakan pondasi dari seseorang untuk menjadi muslim sejati atau tidak. Materi pendidikan agama Islam di Taman Kanak – Kanak sudah sepatutnya dilaksanakan tentunya dengan metode – metode dan strategi yang sesuai dengan jiwa anak – anak, salah satunya dengan menggunakan metode drill, karena dengan metode ini anak – anak lebih cepat dan mudah menghafal materi yang nantinya akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menghafal surat Al-Lahab siswa kelompok B TK Kusuma Mulia Mangunrejo Ngadiluwih.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi.Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah satu kelas yaitu siswa kelompok B TK Kusuma Mulia Mangunrejo Ngadiluwih.
Dari hasil penelitian dapat dibuktikan bahwa pembelajaran menggunakan metode drill ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat Al-Lahab pada siswa kelompok B TK Kusuma Mulia Mangunrejo Ngadiluwih. Hal ini dapat ditunjukkan dari keberhasilan pembelajaran dari 44% menjadi 94%.
Selain itu juga dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, hasil mtivasi belajar tersebut terlihat dari bertambahnya semangat dan antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain