Text
Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Melalui Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelompok B TK Dharma Wanita I Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri
ABSTRAK
SITI ZUNAERIYAH, Dosen Pembimbing Dr. Hj. MUNIFAH, M.Pd dan WAHIDUL ANAM, M.Ag “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Melalui Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelompok B TK Dharma Wanita I Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri ”Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014”.
Kata Kunci: Membaca Awal, Media Kartu Bergambar
Kemampuan membaca awal adalah kemampuan anak dalam mengenal huruf atau kata yang berhubungan dengan perkembangan kognitif pada anak, karena kecerdasan kognitif berkaitan dengan perkembangan bahasa. Bahasa dapat berbentuk lisan, gambar, tulisan, isyarat, dan bilangan. Membaca merupakan bagian dari perkembangan bahasa dapat diartikan menterjemahkan simbol atau gambar ke dalam suara yang dikombinasikan dengan kata-kata, kata-kata disusun agar orang lain dapat memahaminya. Anak yang menyukai gambar, huruf, buku cerita dari sejak awal perkembangannya akan mempunyai keinginan membaca lebih besar karena mereka tahu bahwa membaca memberikan informasi baru dan menyenangkan. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelompok B TK Dharma Wanita I Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas kelompok B TK Dharma Wanita I Banjarejo Ngadiluwih Kediri dengan jumlah siswa 22 anak, terdiri dari 7 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, lembar kreatifitas anak dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, lembar kreatifitas anak, wawancara dan catatan lapangan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif pada setiap siklusnya.
Hasil penilaian aspek pengembangan bahasa pada pembelajaran ketahui: 1) Kemampuan membaca awal siswa yang mencapai (****) belajar sebanyak 13 (59,09%) siswa yang tuntas. 2) Penerapan media kartu bergambar dengan cara guru memberikan kartu sebagai media yang berwarna-warni sehingga dapat menarik perhatian siswa. 3) Peningkatan setelah menggunakan media kartu bergambar siklus I siswa yang mencapai (****) sebanyak 15 (68,18%), siklus II siswa yang mencapai (****) sebanyak 22 siswa, sehingga dapat diketahui tingkat ketuntasan siswa sebesar 100%. Dari sini dapat dikatakan bahwa semua siswa telah mampu mencapai standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan, bahkan hasilnya sangat memuaskan.
Tidak tersedia versi lain