Text
Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Kartu Gambar Kelompok A-2 TK Kusuma Mulia 01 Tenggerlor kecamatan Kunjang kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
ANITA FITROTUL ROFIQOH, Dosen Pembimbing DRS. MOH. ROIS, MA dan SAIFULLAH, M. Ag.: Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Kartu Gambar Kelompok A-2 TK Kusuma Mulia 01 Tenggerlor kecamatan Kunjang kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014
Kata kunci: Media Kartu Gambar, Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab
Anak usia dini adalah kelompok anak yang berusia 0 – 6 tahun, dalam masa ini disebut dengan usia emas karena pada masa ini anak sangat peka terhadap hal-hal yang ada di sekelilingnya, anak sangat mudah menerima sesuatu yang diajarkan. Salah satu kemampuan anak yang sedang berkembang saat usia Taman Kanak–kanak adalah kemampuan berbahasa. Penguasaan bahasa sangat erat kaitannya dengan kemampuan kognisi anak. Perkembangan bahasa usia Taman Kanak–kanak memang jauh dari sempurna. Namun demikian potensinya dapat dirangsang lewat komunikasi yang aktif dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Kualitas bahasa yang digunakan orang–orang yang dekat dengan anak–anak akan mempengaruhi dalam berbicara atau berbahasa. Kendala yang dihadapi adalah anak kurang antusias dengan pembelajaran kosa kata bahasa Arab, hal ini dikarenakan media yang digunakan guru kurang bervariasi dan kurang menarik. Rumusan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penggunaan media Kartu Gambar dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab anak. 2. Apakah penerapan media Kartu Gambar dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab anak TK Kusuma Mulia 01 Tenggerlor Kunjang Kediri.
Penelitian yang dilaksanakan adalah berupa penelitian tindakan kelas yang harus dilaksanakan sendiri oleh peneliti beserta kolaborator, untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi dan metode tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama pada 07 Pebruari 2014, sedangkan siklus kedua pada 14 Pebruari 2014, dalam setiap sikus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaa, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi.
Hasil penelitian tentang penggunaan media Kartu Gambar dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab anak TK Kusuma Mulia 01 Tenggerlor Kunjang pada penelitian ini, adalah 1. Penelitian ini menggunakan kartu yang bergambar dan terdapat tulisan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab, berjumlah empat kartu yang berarti empat kosa kata, penggunaanya dengan cara menyebutkan nama gambar dalam bahasa Arab dan meminta semua anak menirukannya, dilakukan secara berulang ulang. 2. Pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menggunakan media Kartu Gambar mengalami peningkatan sebesar 15% dari 45% pada refleksi awal prasiklus menjadi 60% pada siklus I,. Terjadi peningkatan yang lebih baik sebesar 30% dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa media Kartu Gambar sangat efektif digunakan dalam peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab anak.
Tidak tersedia versi lain