Text
Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Dorongan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
ABSTRAK
FITRIA LUM’AH INAYATI, Dosen Pembimbing Dr.H Ali Anwar, M.Ag, dan Noer Hidayah, M.Si.:Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Dorongan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2014.
Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Dorongan , Orang Tua, Prestasi.
Lingkungan keluarga (orang tua) merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama bagi seorang anak. Keluarga merupakan proses penentu dalam keberhasilan belajar. Orang tua dikatakan sebagai pendidik pertama karena orang tualah yang pertama mendidik anaknya sejak dilahirkan dan dikatakan sebagai pendidik utama karena pendidikan yang diberikan orang tua merupakan dasar dan sangat menentukan perkembangan anak selanjutnya.
Pada diri setiap anak terdapat suatu dorongan dan daya untuk meniru, dengan dorongan ini anak dapat melakukan sesuatu yang telah dilakukan orang tuanya. Dalam hal ini sangat diharapkan kewaspadaan serta perhatian yang besar dari orang tua, karena masa meniru ini secara tidak langsung turut membentuk watak anak di kemudian hari.
Sebagai orang tua yang menjadi pendidikk pertama dan utama, maka orang tua dituntut untuk mempunyai tingkat pendidikan dan wawasan yang luas untuk mendidik anak-anak mereka agar mendpatkan prestasi yang memuskan. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh antara tingkat pendidikan dan dorongan orang tua terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 88 siswa instrumen dan metode yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi non parametrik
Hasil yang didapat dari penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua (X1) terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar rhohitung (0,350) adalah lebih besar dari rhotabel baik untuk kesalahan 5% : 0,231 maupun taraf kesalahan 1%: 0,278. Sedangkan terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara dorongan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar rhohitung (0,090) adalah lebih kecil dari rhotabel baik untuk kesalahan 5% : 0,231 maupun taraf kesalahan 1%: 0,278. Dan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama untuk tingkat pendidikan orang tua(X1) dan dorongan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar siswa sebesar rhohitung (0,350) adalah lebih besar dari rhotabel baik untuk kesalahan 5% : 0,231 maupun taraf kesalahan 1%: 0,278.
Tidak tersedia versi lain