Text
Meningkatkan Minat Belajar Membaca Anak Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Kelompok B Tk An Nidhom Bangsongan Kayen Kidul Kabupaten Kediri
ABSTRAK
KHUSNUL KHOTIMAH, Dosen Pembimbing Dr. Muawanah, M.Pd., Dr. H. Ilham Tohari, M.HI. Meningkatkan Minat Belajar Membaca Anak Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Kelompok B Tk An Nidhom Bangsongan Kayen Kidul Kabupaten Kediri
Kata kunci: Minat Baca, Alat Permainan Edikatif (APE)
Media pembelajaran memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Usia PAUD adalah masa golden age dalam pertumbuhan anak, tahap ini berada pada masa operasional konkrit, maka diperlukan media untuk menanamkan konsep yang bersifat abstrak. APE Puzzle diharapkan dapat membantu meningkatkan minat belajar membaca melalui bermain sehingga mereka merasa senang dan enjoy. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan APE untuk meningkatkan minat baca anak?, 2) bagaimana peningkatan minat baca anak melalui penerapan APE di TK An Nidzom Kayen Kidul Kediri? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah a) untuk mengetahui penerapan APE untuk meningkatkan minat baca anak, 2) untuk mengetahui peningkatan minat baca anak melalui penerapan APE di TK An Nidzom Kayen Kidul Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data koleksi data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan APE Puzzle untuk meningkatkan minat belajar anak kelompok B TK An Nidhom Kayen Kidul Kediri dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus satu kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 (empat) langkah yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing). Pelaksanaan tindakan secara kolaboratif peneliti dan guru sejawat. Peserta didik diberikan Puzzle yang berisi huruf untuk dirangkai menjadi kata selanjutnya mereka diminta untuk membaca. Dengan metode ini terlihat minat peserta didik minat belajar membaca sambil bermain, merasa senang dan enjoy. (2) Terdapat peningkatan minat belajar membaca anak melalui Penerapan Alat Permainan Edukatif (APE) di Klas B TK An Nidhom Kayen Kidul Kediri pada semua indikator. Pada indikator perhatian terdapat peningkatan dari 25% pra siklus menjadi 45% pada siklus I atau meningkat 55 %, dan menjadi 60% pada siklus II atau meningkat 27%. Pada indikator rasa senang belajar membaca meningkat dari 30% pada pra siklus menjadi 50% pada siklus I atau meningkat 60%, dan menjadi 60% pada siklus II atau meningkat 40%. Pada indikator motivasi meningkat dari pra siklus 25% menjadi 45% pada siklus I atau meningkat 55%. Dan pada siklus II menjadi 70% atau meningkat 40%. Jadi Alat Permainan Edukatif (APE) dapa meningkatkan minat belajar membaca anak. Oleh karena itu APE Puzzle bisa direkomendasikan untuk dijadikan media pengenalan membaca pada anak TK.
Tidak tersedia versi lain