Text
Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Membaca Al Qur’an Pada Anak Kelompok TK B Taman Indria Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar,
ABSTRAK
HINDUN MUSYAROFAH, Dosen pembimbing WAHIDUL ANAM, M.Ag dan ZAINAL FANANI, M.Pd.I.: Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Membaca Al Qur’an Pada Anak Kelompok TK B Taman Indria Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Media Kartu, Motivasi dan Prestasi Belajar Membaca Al-Qur’an
Masa Taman Kanak-kanak disebut juga sebagai masa peka belajar. Dalam masa ini segala potensi kemampuan anak dapat dikembangkan secara optimal, tentunya dengan bantuan dari orang-orang yang berada dilingkungan anak-anak tersebut, misalnya dengan bantuan orang tua dan guru Taman Kanak-kanak. Salah satu kemampuan anak yang sedang berkembang saat usia di Taman Kanak-kanak ini adalah kemampuan membaca yang baik dan tepat. Pembelajaran yang dapat digunakan untuk peningkatkan motivasi dan prestasi belajar membaca di Taman Kanak-kanak adalah dengan pendekatan pengalaman berbahasa.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media kartu huruf hijaiyah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar membaca Al Qur’an pada anak kelompok B TK Taman Indria.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknis observasi, wawancara, dan dokumentansi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Taman Indria Kota Blitar.
Dari penelitian dapat dibuktikan bahwa pembelajaran penggunaan media kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar membaca Al Qur’an. Hal ini dapat ditunjukkan dari keberhasilan prestasi anak dari 35% menjadi 92%.
Selain itu dapat juga ditunjukkan dengan adanya penggunaan media kartu huruf hijaiyah, hasil motivasi dan prestasi belajar membaca Al-Qur’an bertambah semangat dan antusias siswa banyak yang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, mereka tidak merasa bosen dalam menerima materi dan selalu berusaha membaca dengan tepat dan benar.
Tidak tersedia versi lain