Text
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Pokok Bahasan Mengartikan Surat Pendek Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas V di SDN Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014, Propinsi Jawa Timur
Amelia Ayunda Sari: Dosen pembimbing Dr. MUKHAMMAD ABDULLAH, M.Ag dan SALMA SUNAIYYAH, S.Ag M.Pd: Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Pokok Bahasan Mengartikan Surat Pendek Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas V di SDN Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Index Card Match, Prestasi Belajar.
Penelitian ini dilakukan karena dipandang perlu adanya peningkatan dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya sebuah metode baru, yaitu metode Index Card Match yang merupakan suatu konsep belajar yang menyenangkan dan menuntut guru untuk menciptakan suatu strategi baru yang membutuhkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar yang nantinya akan membuat siswa lebih tertarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Peneliti ingin mengetahui dampak dari penerapan metode Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun fokus penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas V di SDN Kepuhrejo? 2) Apakah penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar dalam mengartikan surat pendek pada siswa kelas V di SDN Kepuhrejo?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan jenis metode kolaboratif. Pelaksanaan PTK ini dilakukan melalui beberapa siklus. Secara sistematis, tindakannya melalui persiapan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode tes, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penelitian dilakukan melalui beberapa tahap yaitu kegiatan pra siklus, siklus I, siklus II, dan setelah siklus. Pada siklus I dan II dilakukan selama 4 kali pertemuan (dua pertemuan pada siklus I dan dua pertemuan pada siklus II). Materi yang dipelajari yaitu tentang mengartikan surat-surat pendek pilihan (QS Al-Maun dan QS Al-Fiil). Dalam penerapannya melalui beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini telah dibuktikan dengan skor hasil tes prestasi belajar siswa yaitu: a) prestasi belajar siswa sebelum penerapan Index Card Match dengan nilai rata-rata 63,8 atau 22% termasuk dalam kategori prestasi rendah, b) prestasi belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,9 atau 55,5% termasuk dalam kategori prestasi sedang, c) prestasi belajar siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata 89,8 atau 100% termasuk dalam kategori prestasi tinggi. d) prestasi belajar siswa sesudah penerapan Index Card Match dengan nilai rata-rata 91,6 atau 100% termasuk dalam kategori prestasi sangat tinggi
Tidak tersedia versi lain