Text
Meningkatkan Kemampuan Menghafal Sifat Mustahil Allah Melalui Metode Card Sort Siswa Kelas III SDN Ngronggo 2 Kec. Kota, Kota Kediri
Bagus Risqi Milianto, Dosen Pembimbing Drs. M.IRFAN BURHANI,M.Psi dan Dra. FARTIKA IFRIQIA, M.Pd : Meningkatkan Kemampuan Menghafal Sifat Mustahil Allah Melalui Metode Card Sort Siswa Kelas III SDN Ngronggo 2 Kec. Kota, Kota Kediri, Guru Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2014.
Kata Kunci :Metode card sort, Kemampuan Menghafal Sifat Mustahil Allah
Pengajaran klasikal seringkali mengabaikan adanya perbedaan-perbedaan individual siswa di dalam kelas. Tidak semua siswa dapat menyerap materi dengan baik yang diberikan oleh guru. Siswa cenderung kurang paham dengan pengajaran konvensional yang dilakukan dengan cara ceramah khususnya siswa kelas III SDN Ngronggo 2 yang mengalami kesulitan untuk memahami dan menghafal sifat mustahil Allah. Dari 33 siswa, 33,3 % siswa yang tuntas belajar dan 66,7 % belum tuntas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru harus pandai memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar. Dalam hal ini peneliti menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe card sort yang dapat mengoptimalkan peran serta siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah peneliti adalah “Apakah penerapan metode card sort dapat meningkatkan kemampuan menghafal sifat mustahil Allah pada siswa kelas III SDN Ngronggo 2 kecamatan Kota, kota Kediri tahun ajaran 2013/2014?”
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas dengan rancangan model Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data melalui observasi berupa tes atau penugasan. Pelaksanaan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode card sortkemampuan menghafal sifat mustahil Allah pada siswa kelas III SDN Ngronggo 2 semester II tahun pelajaran 2013 / 2014dapat digambarkan sebagai berikut, yaitu pada Pra siklus 33,3 % siswa yang tuntas belajar dan 66,7 % siswa belum tuntas. Pada Siklus I terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas 69,7 % dan yang belum tuntas 30,3 % dan pada Siklus II terjadi peningkatan yang sangat baik yaitu 87,9 % siswa yang tuntas dan 12,1 % belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika pembelajaran dilakukan dengan metode Card sortterbukti prestasi belajar dalam menghafal sifat mustahil Allah dapat meningkat.
Tidak tersedia versi lain