Text
Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Motivasi Kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah, Kediri Tahun Ajaran 2013/2014
Siti Ma’rifa, Dosen Pembimbing: Dr. H. Ali Anwar, M. Ag dan Noer Hidayah, M.Si: Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Motivasi Kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah, Kediri Tahun Ajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Motivasi, Prestasi Belajar Siswa
Dalam kaitannya dengan prestasi belajar, pola asuh orang tua adalah salah satu hal yang memiliki pengaruh cukup signifikan dalam menentukan apakah seorang siswa nantinya akan memiliki motivasi tinggi dalam kegiatan belajar mengajar yang nantinya mempengaruhi prestasi belajarnya. Hal tersebut dikarenakan pola asuh orang tua juga mempunyai peranan penting dalam pembentukan karakter anak, yang nantinya akan dibawa sampai dewasa. Dengan anak dari pola asuh yang kurang baik atau tepat, kemungkinan mempunyai motivasi belajar tinggi karena ingin mendapat hasil belajar tinggi yang nantinya dapat memperoleh pekerjaan yang baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berangkat dari hal tersebut peneliti bermaksud menelaah lebih jauh 1)Bagaimana pola asuh orang siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati?, 2)Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati?, 3)Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati?,4)Apakah ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri?, 5)Apakah ada pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi siswa kelas VIII diMTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri?, 6)Apakah ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa kelasVIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri?, 7)Apakah ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar melalui motivasi siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri yang berjumlah 51 siswa. Metode pengumpulan data dengan angket, metode dokumentasi, wawancara dan analisis data statistik. Peneliti menganalisis data dengan rumusan alisis jalur, karena variabel (x), mediator (m) dan variabel (y) tidak berdistribusi normal. Dalam penelitian ini terdapat tujuh temuan, yaitu : (1)Berdasarkan hasil penelitian, pola asuh orang siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 89,21 yang digolongkan kedalam skor 67,2 – 84 dan skor tersebut dikategorikan sangat baik.(2)Motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 113,53 yang digolongkan ke dalam skor 91,2 – 114 dan skor tersebut dikategorikan sangat baik. (3)Prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri diperoleh dari dokumentasi berupa raport sebagai laporan hasil belajar siswa didapatkan nilai mean (rata-rata) sebesar 71,60 yang digolongkan ke dalam skor 35,37 – 44,22 dan skor tersebut dikategorikan sangat baik.(4)Ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa diMTs Sunan Gunung Jati Gurah
Tidak tersedia versi lain