Text
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Aspek Tarikh Kelas XI-IPS 1 di UPTD SMA Negeri 1 Ngadiluwih.
Faridatun Ni’mah. Dosen pembimbing Moh.Yasin, M.Pd dan Dr. Mu’awanah M.Pd,: Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Aspek Tarikh Kelas XI-IPS 1 di UPTD SMA Negeri 1 Ngadiluwih.
Kata Kunci: Model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE), keaktifan peserta didik, dan pembelajaran pendidikan agama Islam
Model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) adalah salah satu model pembelajaran cooperative learning. Salah satu model yang bertujuan untuk memperdaya peserta didik menjadi aktif. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan keaktifan siswa dan mengukur seberapa besar tingkat keaktifan siswa kelas XI-IPS 1 di UPTD SMA Negeri 1 Ngadiluwih.
Subyek penelitian adalah kelas XI-IPS 1 yang berjumlah 36 siswa. Pada penelitian ini dilakukan penelitian tindakan kelas dengan jenis kolaboratif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model PTK Kemmis dan Taggar yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian diskriptif mengungkapan bahwa bahwa ada peningkatan keaktifan siswa dengan diterapkan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE). Hasil analisis keaktifan siswa yang meliputi aspek afektif dan psikomotorik belajar siswa adalah 8,33% ketuntasan klasikal pada pra siklus menjadi 44,44% ketuntasan pada siklus I dan naik 100% pada siklus II. Sedangkan pada aspek psikomotorik ketuntasan klasikal pada pra siklus cuma mencapai 5,55% menjadi 44,44% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II.
Tidak tersedia versi lain