Text
Penerapan Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Study Kasus Kelas III SDI Plus Al-Falah Pesantren Kota Kediri)”Propinsi Jawa Timur
Siti Musyarofah, Dosen Pembimbing Dr. Hj. MUNIFAH, M.Pd dan H.SAIFULLAH, M.Ag “Penerapan Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Study Kasus Kelas III SDI Plus Al-Falah Pesantren Kota Kediri)”Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Upaya , Penerapan Card Sort, Motivasi Belajar
Pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila berhasil atau sebagian besar siswa terlibat aktif di dalam proses dan bisa dikatakan berhasil apabila terjadi perubahan tingkah laku yang poditif pada siswa seluruhnya atau sebagian besar. Card Sort merupakan salah satu pembelajaran kooperatif dengan cara mencocokan jawaban yang benar dengan menggunakan kartu. Metode ini merupakan kegiatan kolaboratif yangbisa digunakan untruk mengajarkan konsep, karateristik, klasifikasi, fakta, tentang obyek atau mereview nformasi. Gerakan fisik yangdominan dalam strategi ini dapat membantu mendominasikan kelas yang jenuh dan bosan. Penerapan metode Card Sort dapat menigkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus,yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, lembar kreatifitas anak dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, lembar kreatifitas anak, wawancara dan catatan lapangan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif pada setiap siklusnya.
Dari hasil pengamatan menggunakan metode Cooperative Learning Card Sord motivasi belajar siswa kelas III SDI Plus Al-Falah Pesantren Kota Kediri mengalami peningkatan dengan data sebagai berikut : Pra siklus tingkat motivasimencapai 50%, mengalamipeningkatan 25% menjadi 7% padasiklus I, sampai pada siklus II meningkat 15% menjadi 90%.
Tidak tersedia versi lain