Text
Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SDN Pojok 2 Pokok Bahasan Tata Cara Berwudhu
Khusnul Khotimah, Dosen Pembimbing Dr. SYAMSUL HUDA, M. Ag. Dan Dr. MU’AWANAH, M. Pd.: Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SDN Pojok 2 Pokok Bahasan Tata Cara Berwudhu, 2014.
Kata kunci: Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar PAI, Metode Demonstrasi.
Proses belajar merupakan aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi, di mana guru sebagai penyedia sumber belajar menyampaikan pengetahuan kepada siswa serta memberi bantuan dan kesempatan kepada siswa untuk banyak berlatih. Dalam observasi di lapangan khususnya dalam pembelajaran PAI pokok bahasan tata cara berwudhu peneliti menemui masih ada siswa yang kurang memahami bagaimana berwudhu dengan baik dan benar. Hal ini diketahui ketika siswa disuruh untuk mempraktikkan wudlu satu persatu masih ada sebagian siswa yang belum benar berwudlunya, bahkan ada yang belum hafal urutan dalam berwudlu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tentunya dalam menentukan metode pembelajaran harus tepat. Salah satu metode pengajaran yang bisa membuat anak bisa dan harus mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka terima adalah cara belajar aktif model pembelajaran dengan mendemonstrasikan materi pelajaran. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pojok 2 pokok bahasan tata cara berwudlu? (b) Bagaimana peningkatan hasil belajar PAI pokok bahasan tata cara berwudlu pada siswa kelas III SDN Pojok 2 melalui penerapan metode demonstrasi?
Pola penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Pendekatan ini termasuk penelitian lapangan, pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam, observasi non partisipan dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; (1) Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran PAI pokok bahasan tata cara berwudlu pada siswa kelas III SDN Pojok 2 dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus 2 (dua) kali tatap muka. Tiap-tiap siklus diawalai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dengan pembelajaran tersebut membuat siswa merasa senang dalam belajar karena merasa apa yang mereka butuhkan dalam belajar dan mencari ilmu sudah mereka dapatkan dengan baik dan memuaskan. (2) Peningkatan hasil belajar PAI pokok bahasan tata cara berwudlu dengan metode demonstrasi pada siswa kelas III SDN Pojok 2 dapat diketahui dari hasil belajar yang diperoleh melalui proses belajar. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan hasil belajar yang semula pada siklus I rata-rata hasil belajar sebesar 70, pada siklus II ini meningkat menjadi 86 atau meningkat 19%.
Tidak tersedia versi lain