Text
Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Memberdayakan Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Berbek-Nganjuk Tahun Pelajaran 2013/2014
Intan Fadhilah Qothrun Nada, Dosen Pembimbing Dr. MUAWANAH, M.Pd. dan NOER HIDAYAH, M.Si.: Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Memberdayakan Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Berbek-Nganjuk Tahun Pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Memberdayakan Tenaga Pendidik
Suatu kenyataan tuntutan zaman modern bahwa dunia pendidikan yang semakin kompeks memerlukan penataan yang baik. Untuk dapat menata dengan baik, diperlukan personal yang mampu dan tangguh. Personal inilah yang disebut Pemimpin Pendidikan. Seorang pemimpin pendidikan tidak hanya dituntut menguasai teori kepemimpinan, akan tetapi juga harus trampil menerapkan ilmunya dalam lembaga pendidikan. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana gaya kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pelaksanaan pendidikan di MTs At-Taqwa Berbek Nganjuk tahun pelajaran 2013-2014?, 2)Bagaimana kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mewujudkan visi dan misi madrasah?, 3)Bagaimana kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pelaksanaan pendidikan?, 4)Bagaimana kepemimpinan Kepala Madrasah dalam memberdayakan tenaga pendidik?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pelaksanaan pendidikan, 2) Untuk mengetahui kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mewujudkan visi dan misi madrasah, 3) Untuk mengetahui kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pelaksanaan pendidikan, 4) Untuk mengetahui kepemimpinan Kepala Madrasah dalam memberdayakan tenaga pendidik.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa :1)Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam pelaksanaan pendidikan adalah demokratis, pemimpin selalu terbuka dan mau menerima kritik saran, dan otoriter ketika menghadapi masalah yang membutuhkan penanganan yang cepat 2)Dalam mewujudkan visi-misi madrasah adalah dengan mengadakan sosialisasi, memberikan pembinaan-pembinaan, memberikan semangat dan perhatian kepada anak buah, memberikan motivasi, mengaplikasikan dan mewujudkan visi misi tersebut, 3)Dalam pelaksanaannya, kepala madrasah telah menjalankan tugasnya sebagai pemimpin, kepala madrasah dalam pelaksanaannya juga memfungsikan peran para anggotanya, tidak mengekang bawahan, memantau dan memonitoring proses pembelajaran serta menanyakan bagaimana perkembangan kemampuan siswa dalam belajar, kepala madrasah mengevaluasi kinerja tenaga pendidik, evaluasi terhadap kinerja kepala madrasah, layanan bimbingan untuk siswa, 4)Dalam memberdayakan tenaga pendidik, kepala madrasah mengadakan seleksi ketat terhadap guru baru, memberi pengarahan, bimbingan dan memandu guru baru melewati masa transisinya, Para tenaga pendidik diwajibkan untuk mengikuti program rutin yaitu MGMP, workshop dan seminar
Tidak tersedia versi lain