Text
Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Iman Kepada Malaikat Pada Siswa Kelas X Pms 2 SMK PGRI 2 Kediri Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014
Indah Saptasari, Dosen Pembimbing Drs. MOH. IRFAN BURHANI, M.Psi dan Dra. FARTIKA IFRIQIA, M.Pd.: Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Iman Kepada Malaikat Pada Siswa Kelas X Pms 2 SMK PGRI 2 Kediri Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci : Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar
Pengajaran klasikal seringkali mengabaikan adanya perbedaan-perbedaan individual siswa di dalam kelas. Tidak semua siswa dapat menyerap materi dengan baik yang diberikan oleh guru. Siswa cenderung kurang paham dengan pengajaran konvensional yang dilakukan dengan cara ceramah khususnya siswa kelas X PMS 2 SMK PGRI 2 Kediri yang mengalami kesulitan untuk memahami pelajaran PAI. Dari 42 orang siswa, yang memperoleh nilai diatas 75 sebanyak 20 (47,61%) dan dinyatakan tuntas; sedangkan sisanya 22 siswa (52,39%) belum tuntas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru harus pandai memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar. Dalam hal ini peneliti menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar materi iman kepada malaikat pada siswa kelas X PMS 2 SMK PGRI 2 Kediri tahun pelajaran 2013/2014?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserach) yang mengacu pada rancangan model Kemmis dan Taggart dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) tes; 2) observasi; 3) wawancara; dan 4) dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar PAI. Dimana pada pembelajaran konvensional (pra siklus) nilai rata-rata 58 dan ketercapaian dalam KKM adalah 47,61%, dan ketika pembelajaran dilakukan dengan metode everyone is a teacher here, pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 78 dan ketercapaian dalam KKM 73,8%. Karena belum sesuai dengan hasil yang diharapkan, kemudian penelitian ini dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus II dengan nilai rata-rata 92,3 dan semua siswa (100 %.) berhasil mencapai KKM yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi iman kepada malaikat di kelas X Pms 2 SMK PGRI 2 Kediri tahun pelajaran 2013/2014
Tidak tersedia versi lain