Text
Upaya Meningkatkan Motivasi Baca Al Qur’an Pokok Bahasan Surat al-Ma’undan Surat Al-Fiil Pada Kelas VC Dengan Metode Baca-Simak di SDI Kota Blitar prov. Jawa Timur
Djauhari, 2014 Dosen pembimbing Wahidul Anam, M.Ag dan Zaenal Fanani, M.Pd.I.Skripsi, Upaya Meningkatkan Motivasi Baca Al Qur’an Pokok Bahasan SurataL-Ma’undan Surat Al-Fiil Pada Kelas VC Dengan Metode Baca-Simak di SDI Kota Blitar prov. Jawa Timur Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri.
Secara umum hasil belajar kelas VC adalah yang paling rendah di antara tiga kelas pararel lainnya, baik untuk hasil belajar formatif dan sumatif. Masalah utama yang dihadapi untuk kelas ini adalah siswa sangat sulit untuk diajak berinteraksi dalam proses belajar mengajarselama proses pembelajaran. Mereka bermain sendiri, ada yang berbicara sama temannya, diam tapi tidak memperhatikan, disuruh teruskan baca tidak tahu. Kenyataan diatas barang kali berkaitan dengan metode mengajar yang tidak tepat, Kurang inovatif, menempatkan siswa sebagai obyek bukan subyek, akibatnya siswa tidak termotivasi untuk belajar. Untuk itu peneliti perlu memikirkan metode atau setrategi pembelajaran yang mampu memotivasi siswa kelas dalam baca al-Qur’an yaitu metode “baca simak”. Metode tersebut dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1. Bagaimanakah penerapan metode Baca-Simak dalam meningkatkan motivasi baca al-Qur’an pada siswa kelas VC di SDI Kota Blitar?
2. Apakah penerapan metode Baca-Simak dapat meningkatkan motivasi baca al-Qur’an pada siswa kelas VC di SDI Kota Blitar?
Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas,rancangan Kemmis dan `Taggart ( 1988 ) dengan 2 siklus, dengan menggunakan model penelitian John Elliot.Tahapan dari tiap siklus nyater diri dari :(1) perencanaan (2) Pelaksanaan(3) Pengamatan, dan (4) refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi yang langsung dilakukan dilapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah satu kelas, yaitu kelas VC di SDI Kota Blitar.
Hasil penelitian menunjukkan : 1. Penerapan metode Baca-Simak dalam membaca Al-Qur’an Suratal-Ma’un dan al-Fiil dikelas VC SDI Kota Blitar dilakukan dengan cara guru meminta siswa membaca bersama-sama dan guru ikut membaca dengan suara yang keras dan benar Guru memberhentikan bacaan yang dibaca bersama-sama kemudian menunjuk kelompok atau salah satu peserta didik untuk meneruskan, dan lainnya menyimak Bila ada bacaan yang salah, baik dibaca bersama atau kelompok atau sendirian, guru memberhentikan bacaan tersebut dan menunjuk salah satu kelompok atau peserta didik untuk menunjukkan kesalahan dan membetulkannya. Sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. 2. Setelah siswa mengikut imetode Baca-Simak terbukti dapat meningkatkan motivasi baca Al-Qur’an pada siswa kelas VC di SDI Kota Blitar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi siswa ranah afektif prasklusdari rata-rata 56,6% menjadi 69,06% pada siklus Idan menjadi 82,24% pada siklus II dan ranah koknitif dari rata-rata kelas 70,23 menjadi 76,4 dan menjadi 85,07.Serta tercapainya indicator motivasi siswa dan meningkatnya antusias siswa dalam mengikuti pelajaranbaca Al-Qur’an dengan metode Baca-Simak.
Tidak tersedia versi lain