Text
Implementasi Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas X-1 MAN Prambon Tahun Pelajaran 2010/2011
Luthfi Damayanti, Dosen pembimbing Drs. MOH. ROIS, MA dan Dra. MUAWANAH, M.Pd. : Implementasi Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas X-1 MAN Prambon Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata kunci: Metode Card Sort, Prestasi belajar Aqidah Akhlaq.
Permasalahan yang dihadapi pendidik adalah mempersiapkan peserta didik agar mampu menghadapi tantangan kehidupan, terlebih di era globalisasi. Sebab akhir-akhir ini aqidah dan akhlak para penerus bangsa telah tergerogoti oleh pengaruh dunia luar yang secara lembut terkikis oleh pengaruh dunia luar tersebut. Sehingga tugas pendidik adalah membuat agar para siswa termotifasi ketika pembelajaran berlangsung. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menerapkan metode baru seperti Card Sort. Karena dalam penerapan metode ini, siswa bisa ikut aktif dalam pembelajaran. Metode ini juga melibatkan fisik yang bisa meminimalisir kejenuhan yang ada. Berawal dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai: Implementasi Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas X-1 MAN Prambon Tahun Pelajaran 2010/2011.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah, a) Apakah implementasi metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi siswa kelas X-1 MAN Prambon pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq? b) Sejauh mana implementasi metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas X-1 MAN Prambon? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah a) Untuk mengetahui apakah implementasi metode Card sort dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas X-1 MAN Prambon. b) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas X-1 MAN Prambon.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Dengan subyek penelitian kelas X-1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi.
Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi metode Card Sort bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-1 MAN Prambon. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian bahwa prosentasi ketuntasan belajar pada pra siklus 65% meningkat 17% dalam siklus I yaitu 82%. Dan terjadi peningkatan pula pada siklus 2 sebesar 15% dengan ketutasan belajar pada siklus II sebesar 97%, dan pada sikus 3 ketuntasan belajar menjadi 100% dengan peningkatan 3% dari siklus 2. Pada siklus 1 siswa berdiskusi dan presentasi hasil diskusinya. Hal tersebut dirasa masih kurang bisa mencapai tujuan dar pembelajaran. Sehingga pada siklus berikutnya diadakan tanya jawab setelah presentasi hasil diskusi. Hal demikian juga membantu melatih mental siswa untuk berbicara di depan kelas dengan mengungkapkan pendapat yang dimiliki
Tidak tersedia versi lain