Text
Perumusan tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam ditinjau dari taksonomi bloom dan metode pencapaiannya di UPTD SMP Negeri 1 Grogol
Siti Rosyidah, Dosen Pebimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M. Psi. dan Imron Muzakki, M. Psi.: Perumusan tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam ditinjau dari taksonomi bloom dan metode pencapaiannya di UPTD SMP Negeri 1 Grogol, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Perumusan Tujuan Pembelajaran, Taksonomi Bloom, Metode Pembelajaran.
Pendidikan diartikan sebagai suatu proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan. Dengan demikian, tujuan pembelajaran dirumuskan untuk dapat dicapai dalam proses belajar mengajar. Seluruh upaya pendidikan memerlukan metode pembelajaran tertentu agar siswa bisa mengembangkan potensinya baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik yang sesuai dengan kebutuhan, rasional, dan berbasis pada ilmu pengetahuan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perumusan tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam ditinjau dari taksonomi bloom di UPTD SMP Negeri 1 Grogol? 2) Bagaimana metode yang digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam berdasarkan taksonomi bloom di UPTD SMP Negeri 1 Grogol? 3) Apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat metode dalam mencapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam berdasarkan taksonomi bloom di UPTD SMP Negeri 1 Grogol ?
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperolehmelalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Perumusan tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam ditinjau dari taksonomi bloom di UPTD SMP Negeri 1 Grogol dengan mengembangkan SKKD yang disusun didalam silabus 2) metode yang digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam berdasarkan taksonomi bloom di UPTD SMP Negeri 1 Grogoldilakukan oleh guru dengan menggunakan metode yang bervariasi atau bermacam-macam diantaranya yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, resitasi, keteladana, modeling, dan Demonstrasi dan latihan. 3) Faktor yang menjadi pendukung metode dalam mencapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam berdasarkan taksonomi bloom di UPTD SMP Negeri 1 Grogol meliputi sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap baik di dalam kelas maupun di luar kelas, kecakapan siswa dalam penggunaan media dan teknologi pembelajaran. Dan yang menjadi faktor penghambat metode dalam mencapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam berdasarkan taksonomi bloom di UPTD SMP Negeri 1 Grogol adalah: alokasi waktu yang terbatas, karakteristik siswa yang berbeda-beda, dan kurangnya keahlian guru dalam penggunaan Teknologi Informasi (TI)
Tidak tersedia versi lain