Text
Metode Pendidikan Anak Perspektif Syekh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya Al-Abaa’ Lil-Abnaa’
Ahmad Muhlisin , Dosen Pembimbing Drs. Iskandar Tsani, M.Ag, dan Ninik Zuraidah, M.Si.: Metode Pendidikan Anak Perspektif Syekh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya Al-Abaa’ Lil-Abnaa’, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Metode Pendidikan Anak, Syekh Muhammad Syakir, Washoya Al-Abaa’ Lil-Abnaa’
Pendidikan adalah suatu proses untuk mendewasakan manusia. Melalui pendidikan manusia tumbuh dan berkembang secara wajar serta sempurna sehingga ia dapat melaksanakan tugas secara wajar. Salah satu kunci sukses dalam menyelenggarakan pendidikan adalah metode yang dipakai untuk sarana pendidikan itu sendiri. Banyak riset dan penelitian yang telah dilakukan yang menghasilkan beberapa hal penting yang sedikit banyak bermanfaat dalam program pendidikan anak. Hal yang amat disayangkan adalah bahwa sebagian besar kaum muslimin menengok kedunia barat dalam mengatasi problem yang mereka hadapi. Bahkan, kehidupan Rasulullah dan Ahlu Al-Baitnya sangat sarat denganpetuah, ajaran dan bimbingan untuk seluruh umat manusia. Fokus penelitian: 1) Bagaimana Metode Pendidikan Anak perspektif Syekh Muhammad Syakir dalam kitab Washoya Al-Abnaa’ Lil Abnaa’?, 2) Bagaimana Relevansi Metode Pendidikan Anak perspektif Syekh Muhammad Syakir dengan pendidikan di Indonesia?.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian library research, yaitu kajian dengan mencari informasi dan data dari bahan tertulis yang relevan dengan permasalahan yang dibahas. Sehingga akan memberikan sumber-sumber primer yang langsung dari buku-buku tokoh yang penulis kaji, yakni Muhammad Syakir. Sedang bila dilihat penelitian ini bersifat deskriptif-analisis, yaitu mendeskripsikan obyek penelitian yang sudah dianalisa secara tepat dan benar, atau dengan berusaha memaparkan data-data tentang suatu hal atau masalah dengan analisa dan interpretasi yang tepat. Dari pada itu, akan mendapatkan penopang akan kebenaran-kebenaran dari beberapa sumber yang relevan dengan pembahasan yang penulis bahas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). Terdapat tujuh metode pendidikan anak yang dirumuskan oleh Syekh Muhammad Syakir dalam kitab Wasoya Al-Aba’ Lil Abna’, yaitu; nasehat, belajar kelompok, pembiasaan, kisah, muhasabah (introspeksi), targhib dan tarhib dan metode tanya jawab. 2). Relevansi Pendidikan anak Muhammad Syakir terhadap pendidikan di Indonesia, yaitu; bahwa kitab Wasoya menggunakan metode pembelajaran yang mengarah pada perkembangan peserta didik akhlak merupakan metode yang sering dipakai dalam praktek pembelajaran di Indonesia, serta terdapat tujuan yang sama dengan cita-cita pendidikan nasional agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab
Tidak tersedia versi lain