Text
Penerapan Fullday School dalam Meningkatkan Kreativitas Guru PAI di MTs Diponegoro Sumberjo Tahun Ajaran 2014
Zaki Ilma Alhadad, Dosen Pembimbing Dra. Mu’awanah, M.Pd. dan Salma Sunaiyah, M.Pd.: Penerapan Fullday School dalam Meningkatkan Kreativitas Guru PAI di MTs Diponegoro Sumberjo Tahun Ajaran 2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Fullday School, Kreativitas Guru PAI
Upaya meningkatkan kualitas pendidikan pada hakekatnya tidak sekedar mengarah pada hasil pendidikan akan tetapi juga pada proses pelaksanaan pendidikan. Proses disini termasuk model kurikulum yang diterapkan. Berkenaan dengan penerapan kurikulum, sistem fullday school merupakan salah satu bentuk model pendidikan yang sangat mendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu juga, dengan penerapan fullday school guru harus dituntut untuk kreatif, kreatif dalam memilih media/alat, metode pembelajaran sehingga membuat suasana kelas menyenangkan. Sehubungan dengan upaya meningkatkan kualitas pendidikan, penulis memilih MTs Dipongoro Sumberjo sebagai lokasi penelitian. Karena lembaga pendidikan ini menerapkan sistem fullday school dan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keimanan dan ketaqwaan peserta didiknya, sehingga nantinya lembaga tersebut bisa bersaing dengan lembaga-lembaga yang lain untuk peningkatan kualitas pendidikan.
Berdasar pada informasi dan persoalan di atas, maka dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat judul Penerapan sistem fullday school dalam meningkatkan kreativitas guru PAI di MTs Diponegoro Sumberjo tahun ajaran 2014. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh penerapan pelaksanaan fullday school di MTs Diponegoro Sumberjo dan apakah penerapan fullday school dapat meningkatkan kreativitas guru PAI.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasannya penerapan fullday school di MTs Diponegoro Sumberjo sudah berjalan dengan baik, dalam proses belajar mengajar guru menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi, seperti game, setting pembelajaran yang berbeda, dan lain-lain, kemudian dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah terus memacu dengan melengkapi sarana prasarana, pemantauan serta pembinaan belajar intensif namun tidak bersifat kaku. Dalam membentuk kreativitas guru PAI MTs Diponegoro memberikan keleluasaan cara mengajar, dengan memfasilitasi lab PAI, melaksanakan proses pembeajaran diluar kelas dan lain sebagainya. Sehingga fullday school ini dapat meningkatkan kreativitas guru PAI yang selanjutnya berefek pada pematangan keagamaan siswa
Tidak tersedia versi lain