Text
Manajemen Pemasaran Industri Tempe dalam Meningkatkan Penghasilan Produsen Muslim (Study Kasus Pada Home Industry Tempe Di Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri)
Mochamad Fuad, NIM: 9313 029 06. Dosen Pembimbing I Dr. Ropingi, M.Pd Pembimbing II Achmad Munif, S.E., M.M, Manajemen Pemasaran Industri Tempe dalam Meningkatkan Penghasilan Produsen Muslim (Study Kasus Pada Home Industry Tempe Di Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri) Jurusan Syari’ah Program Studi Ekonomi Syari’ah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, 2013.
Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Meningkatkan Penghasilan
Secara teknis produksi tempe dan manajemen pemasaran harus diperhitungkan dengan cermat, karena tidak jarang produsen tempe merugi bukan akibat pembuatan tempe yang tidak berhasil melainkan pada saat pemasaran tempe tidak laku terjual. Sebelum produsen tempe menerapkan manajamen pemasaran mereka hanya memasarkan di sekitar kelurahan Tempurejo saja. Namun setelah pengusaha tempe menerapkan manajemen pemasaran mereka bisa memasarkan produknya sampai ke pusat Kota dan luar Kota Kediri mulai dari restoran, café, perusahan keripik tempe sehingga penghasilan mereka meningkat.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah manajemen pemasaran industry tempe dalam meningkatkan penghasilan produsen muslim di Kelurahan Tempurejo Kec. Pesantren Kota Kediri? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pemasaran industri tempe dalam meningkatkan penghasilan produsen muslim di Kelurahan Tempurejo Kec. Pesantren Kota Kediri?
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Sedangkan analisa data menggunakan tehnik diskriptif kualitatif.
Hasil Penelitian ini adalah (1) Manajemen pemasaran home industry tempe dalam meningkatkan penghasilan produsen muslim di Kelurahan Tempurejo Kec. Pesantren Kota Kediri dilakukan dengan cara: Produsen bekerja sama dengan loper dalam memasarkan produknya meski ada sebagian produsen yang memproduksi dan memasarkan sendiri. Produsen menjaga kontinuitas produk tempe. Produsen meningkatkan produksi dengan menambah kemampuan dan keterampilan. Produsen menjaga kualitas tempe dan menambah pemasaran keluar daerah. (2) Faktor pendukung pemasaran industri tempe dalam meningkatkan penghasilan produsen muslim di Kelurahan Tempurejo Kec. Pesantren Kota Kediri adalah: Mendapat dukungan dari pemerintah Kota Kediri dengan memberi bantuan pinjaman modal dengan bunga yang relatif kecil. Persaingan yang sehat antar produsen karena mereka saling membantu dalam memproduksi dan memasarkan produk tempe. Sedangkan faktor penghambat antara lain: Naiknya harga bahan baku kedelai yang akan mengurangi pengasilan produsen. Terbatasnya modal untuk melakukan promosi dan perluasan pemasaran.