Text
Pengaruh Keberadaan Waralaba Alfamart terhadap pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng kabupaten Nganjuk
Ika Mei Wulandari. Dosen Pembimbing Rini Risnawita Suminta,M.Si dan Sri Anugrah Natalina,SE,MM. Pengaruh Keberadaan Waralaba Alfamart terhadap pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Syari’ah Prodi Ekonomi Syari’ah, STAIN Kediri. 2014.
Kata kunci : Keberadaan Waralaba Alfamart, Pendapatan pedagang muslim
Saat ini, perkembangan pasar modern yang salah satunya berbentuk Waralaba mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran konsumen dari pasar tradisional ke pasar modern dengan beberapa alasan seperti: banyaknya jumlah varian produk, kenyamanan tempat, promosi-promosi. Pemerintah telah mengatur mengenai keberadaan pasar tradisional dan pasar modern. Salah satu Peraturan mengeni Pengelolaan Pasar tradisional dan Pasar Modern ini terdapat dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 112 tahun 2007 dan Peraturan Daerah Kaupaten Nganjuk Nomor 01 tahun 2012. Peraturan ini, memberikan gambaran mengenai perizinan pasar modern yang berbentuk waralaba. Salah satu waralaba yang berada di sekitar pasar tradisional Warujayeng Kabupaten Nganjuk adalah Waralaba Alfamart. Dimana waralaba Alfamart ini berjarak kurang dari 100 meter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberadaan Waralaba Alfamart terhadap pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk.
Populasi dalam penelitian ini adalah 318 pedagang pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 pedagang muslim pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk. Pengambilan sampel ditentukan 10% dari jumlah populasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel waralaba Alfamart (X) dan variabel pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk (Y) berdistribusi normal, dilihat dari hasil uji One-Sample Kolmogorov Smirnov yaitu Asym.Sig. 0,170 > taraf signifikan (α) 0,05. Dari analisis menggunakan rumus Korelasi Product Moment mengemukakan bahwa nilai r sebesar 0,373, artinya hubungan antara variabel waralaba Alfamart (X) dan variabel pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk (Y) adalah searah. Sedangkan dari analisis menggunakan regresi menghasilkan model persamaan Y=28,412-0,534X. Kesimpulannya penelitian ini signifikan yang berarti terdapat pengaruh keberadaan waralaba Alfamart terhadap pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk
Tidak tersedia versi lain