Text
Strategi Pemasaran Baitul Maal Wat Tamwil dalam Membangun Kepercayaan (Trust Building) Nasabah (Studi Kasus di BMT Sidogiri Kota Kediri).
Yanif Risbie Yunanto, 931305106. Dosen Pembimbing I Rofik Effendi, S.Kom., MM. Pembimbing II Ashfa Fikriyah, M.E.I, Strategi Pemasaran Baitul Maal Wat Tamwil dalam Membangun Kepercayaan (Trust Building) Nasabah (Studi Kasus di BMT Sidogiri Kota Kediri). Jurusan Syari’ah Program Studi Ekonomi Syari’ah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, 2013.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, BMT, Kepercayaan Nasabah
BMT Sidogiri yang berada di Kota Kediri telah berhasil meningkatkan program pemberdayaan ekonomi, khususnya di kalangan usaha mikro, kecil menengah dan koperasi melalui sistem syari’ah. Serta mampu mendorong kehidupan ekonomi syari’ah dalam kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah khususnya pada masyarkat Kota Kediri dan sekitarnya.
Rumusan Masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengelolaan produk-produk BMT Sidogiri Kota Kediri ? (2) Bagaimana penerapan srategi pemasaran BMT Sidogiri Kota Kediri di lapangan yang terdiri dari product price, place dan promotion dalam membangun kepercayaan (Trust Building) pada nasabah ? (3) Strategi mana yang paling dominan di BMT Sidogiri Kota Kediri ?
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Sedangkan analisa data menggunakan tehnik diskriptif kualitatif.
Hasil Penelitian ini adalah (1) Pengelolaan Produk-produk dalam BMT Sidogiri Kota Kediri meliputi 3 bagian, yaitu produk pembiayaan produktif meliputi musyarakah dan mudharabah; produk konsumtif meliputi murabahah, ijarah muntahia bittamlik, ijarah manfaat, dan ijarah jasa; serta produk sosial atau disebut qordhul hasan. Dengan banyaknya pilihan produk pembiayaan yang diciptakan oleh BMT Sidogiri Kota Kediri bertujuan untuk melayani kebutuhan nasabah supaya dapat terpenuhi akan kebutuhannya dan BMT Sidogiri juga dapat tercapai tujuan dari pemasaran produk tersebut apabila produk yang dihasilkan tepat pada sasaran. (2) Strategi pemasaran yang dilakukan BMT Sidogiri Kota Kediri dalam membangun kepercayaan nasabah adalah dengan menerapkan serangkaian unsur-unsur pemasaran (marketing mix) yang disebut dengan 4P, yaitu strategi product, price, place, dan promotion. Strategi produk, BMT Sidogiri Kota Kediri telah menyediakan berbagai macam produk, contohnya dengan menciptakan berbagai macam produk maka akan memudahkan masyarakat yang ingin menjadi nasabah dalam BMT Sidogiri Kota Kediri. Strategi price, BMT Sidogiri Kota Kediri dalam strategi harga menerapkan sistem yang fleksibel contohnya angsuran secara harian, angsuran secara mingguan, angsuran secara bulanan dan tentunya dengan menggunakan sistem bagi hasil. Strategi place, dalam hal ini BMT Sidogiri Kota Kediri dalam melakukan pemasaran sasarannya yaitu pasar tradisional yang ada di kota Kediri. Strategi promotion, dalam hal ini BMT Sidogiri Kota Kediri melakukan promosi yaitu dengan cara sosial oriented, brosur, SUM (Syilla Ukhuwa Mitra), jemput bola. (3) Strategi yang paling dominan di BMT Sidogiri Kota Kediri adalah strategi promosi yang dilakukan dengan cara mendatangi nasabah, menjenguk nasabah yang sedang sakit, dll. Karena dengan demikian nasabah akan merasa lebih di perhatikan dan nyaman terhadap pelayanan yang dilakukan BMT sidogiri kota kediri. Dengan timbulnya rasa tersebut pada nasabah maka di harapkan nasabah akan lebih mempercayakan dananya kepada BMT sidogiri kota Kediri
Tidak tersedia versi lain