Text
Etika guru menurut al-Mawardiy dalam kitab Adab al-Dunya wa al-Din dan relevansinya dengan profesionalisme guru / Musta'in
MUSTA’IN, Dosen Pembimbing WAHIDUL ANAM, M. Ag, dan H. ILHAM THOHARI, SH, M.HI,: Etika Guru Menurut Al-Māwardīy Dalam Kitab Adab Al-Dunyā Wa Al-Dīn Dan Relevansinya Dengan Profesionalisme Guru, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Etika Guru, Al-Māwardīy, Profesionalisme Guru
Keberhasilan pendidikan sangat banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya, kualitas guru, murid, lingkungan dan proses pembelajaranya. Namun keberhasilan pendidikan sebagian besar bergantung pada kualitas guru baik dari segi penguasaan materi yang akan diajarkan maupun cara penyampaian pelajaran tersebut bahkan kepribadian guru yang baik. Apalagi saat ini banyak sekali kasus-kasus yang menunjukan bahwa hasil pendidikan mengalami kemiskinan moral. Sehingga saat ini peran etika dan moral guru sangat di butuhkan. Terkait dengan pentingnya etika guru, al-Māwardīy sebagai ilmuan ternama menulis buku yang di dalamnya membahas secara intensif tema tersebut pada salah satu tema bahasanya.
Dengan alasan seperti itu maka penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan konsep pemikiran al-Māwardīy terkait etika guru dalam mengajar dalam kitab Adab al-Dunyā Wa Al-Dīn dan Relevansinya dengan Profesionalisme Guru”.
Penelitian ini berdasarkan kajian pustaka atau studi literer. Oleh karena itu sifat penelitianya adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitia ini lebih menfokuskan pada isi buku Adab al- Dunyā Wa Al-Dīn atau pemikiran yang ada kaitanya dengan pemikiran al-Māwardīy, serta teori dan konsep profesionalisme guru, yang selanjutnya data kualitatif tersebut dipaparkan secara sistematis.
Pemikiran al-Māwardīy tentang pendidikan lebih berfokus pada etika seorang pendidik, yaitu tentang kepribadian seorang guru seperti tawadlu’, tanpa mengharapkan materi dan ikhlas, meninggalkan perkara shubhat, mengamalkan ilmunya, dermawan atas ilmunya, menyayangi, membimbing dan menghargai murid. Melihat kondisi pendidikan saat ini terutama dalam membentuk guru yang profesional dengan memiliki beberapa kompetensi Maka pada konsep etika pendidik yang ditawarkan al-Māwardīy dalam kitab Adab al-Dunyā Wa Al-Dīn, kiranya sangat sesuai dengan profesionalisme guru, namun perlu dikembangkan lagi agar relevan dengan profesionalisme guru sesuai dengan sisdiknas.
Tidak tersedia versi lain