Text
Implementasi pembelajaran al-qur'an hadits pada kelas akselerasi di MAN Nganjuk tahun pelajaran 2013/2014 / Riza Nur Kumala
RIZA NUR KUMALA Dosen pembimbing Drs. Moh. Rois, MA dan: H. Ilham Thohari,SH,M.HI:Implementasi pembelajaran Al-qur’an hadits pada kelas akselerasi di MAN Nganjuk tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: implementasi al qur’an hadits , program akselarasi
Al-qur’an hadits merupakan satu mata pelajaran yang esensial dalam pendidikan agama Islam yang mengajarkan sumber ajaran Islam sebagai pedoman beragama. Dalam kelas akselerasi, kelas anak-anak yang mempunyai kemampuan lebih dalam bidang akademik, mata pelajaran al qur’an hadits seharusnya juga mempunyai porsi yang sama untuk dipelajari secara mendalam. Materi pelajaran al-qur’an hadits yang sangat penting ini disajikan dengan alokasi waktu yang sedikit dalam program percepatan, sehingga perlu adanya perhatian lebih dalam proses pembelajarannya. Fokus penelitian ini adalah :1.Bagaimana Implementasi pembelajaran Al- qur’an hadits pada kelas akselerasi di Man Nganjuk? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran al-qur’an hadits pada kelas akselerasi di MAN Nganjuk?. Dengan tujuan mengetahui implementasi pembelajaran Al qur’an hadits pada kelas akselerasi di MAN Nganjuk serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran al-qur’an hadits pada kelas akselerasi.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu,1.Pemahaman materi Al-qur’an dan hadits disampaikan melalui mata pelajaran Al-qur’an hadits selama 1 jam pelajaran dalam kelas akselerasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran Al-qur’an hadits pada kelas akselerasi di MAN Nganjuk menggunakan media LCD Proyektor dan menggunakan empat metode yang dikombinasikan yaitu metode ceramah, tanya jawab, presentasi photo story dan hafalan dan adanya program boarding school sebagi program pembimbingan belajar yang mempunyai tujuan menambah serta memantapkan materi Al-qur’an hadits, serta adanya ketepatan pemilihan media pembelajaran. 2.Faktor pendukung implementasi pembelajaran Al-qur’an hadits pada kelas akselerasi di MAN Nganjuk:guru yang profesional, fasilitas atau sarana dan prasarana yang memadai.Sedangkan faktor yang menghambat: minimnya alokasi waktu, yaitu hanya 45 menit dalam satu minggu, serta tidak adanya buku penunjang sebagai bahan ajar
Tidak tersedia versi lain