Text
Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs. Al Fatah Badas Kediri tahun pelajaran 2013/2014 / Nur Azizatul Fatimah
NUR AZIZATUL FATIMAH, Dosen Pembimbing. Dr. H. Ali Anwar, M. Ag dan Iwan Marwan, M.Hum : Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs. Al-Fatah Badas Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: MinatBelajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Dalam kaitannya dengan hasil belajar, minat belajar serta motivasi belajar adalah salah satu hal yang memiliki pengaruh cukup signifikan dalam menentukan apakah seorang siswa nantinya akan memiliki motivasi tinggi dalam kegiatan belajar mengajar yang nantinya mempengarui hasil belajarnya. Hal tersebut disebabkan minat serta motivasi adalah pendorong untuk menentukan besar kecilnya kemauan anak dalam proses belajarnya. Anakyang memiliki minat belajar dan motivasi belajar tinggi kemungkinan mempunyai hasil belajar yang tinggi yang nantinya dapat mengantarkan anaktersebut untukmeraih apa yang dicita-citakannya. Berangkat dari hal tersebut peneliti bermaksud menelaah lebih jauh 1) Seberapa besar minat belajar?, 2) Seberapa besar motivasi belajar, 3)Seberapa besar prestasi belajar?, 4) Bagaimanakah pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar?, 5) Bagaimana pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar?, 6) Bagaimanakah pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi?.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Fatah Badas Kediri yang berjumlah 100siswa. Sampel data penelitian ini diperoleh sebanyak 80siswa. Teknik pengambilan sampel (sampling) yang ditempuh adalah teknik Ramdom Sampling. Metode pengumpulan data dengan angket, metode dokumentasi, dan analisis data statistik. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan statistic non-parametrik Kendall’s Tau karena data dari variabel Y tidak normal.
Dalam penelitian ini terdapat enam temuan, yaitu : 1) Minat belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Fatah Badas Kediri pada tahun 2013/2014 masuk dalam kategori baik dengan presentase 60% yang berpedoman pada perhitungan true score. 2) Motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Fatah Badas Kediri pada tahun 2013/2014 termasuk dalam kategori baik dengan presentase 57,5% yang berpedoman pada perhitungan true score.3) Prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran AqidahAkhlak di MTs. Al-Fatah Badas Kediri Tahun pelajaran 2013/2014 dikategorikan baik, yang berpedoman pada perhitungan true score dengan nilai rata-rata 83,58. 4) Minat belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Al-Fatah Badas Kediri pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Tahun pelajaran 2013/2014. Hal itu dibuktikan dengan jumlah rhitung yang di dapat untuk variabel minat belajar dan prestasi belajar (0,128) adalah lebih kecil dari rhtabel (0,227). 5) Motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Al-Fatah Badas Kediri pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Tahun pelajaran 2013/2014. Hal itu di buktikan dengan jumlah rhitung yang di dapat untuk variabel motivasi belajar dan prestasi belajar (0,088) adalah lebih kecil dari rhtabel (0,227). 6) Ada korelasi antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi
Tidak tersedia versi lain