Text
Hubungan sikap siswa terhadap resitasi dengan motivasi belajar dan implementasinya pada pelajaran qur'an hadits kelas VII Akselerasi MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri / Abdul Malik Satari
ABDUL MALIK SATARI. Dosen Pembimbing I Dr. H. ALI ANWAR, M.Ag., dan Dosen Pembimbing II NOER HIDAYAH, M. Si. : Hubungan Sikap Siswa Terhadap Resitasi dengan Motivasi Belajar dan Implementasinya Pada Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VII Akselerasi MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri, Tarbiyah, PAI, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: sikap, resitasi, Motivasi Belajar
Quran Hadis sebagai salah satu pelajaran agama islam yang mempelajari dua sumber pokok ajaran islam Al-Quran dan Al-Hadis sangatlah penting mendapatkan perhatian dalam pengajarannya. Dalam penerapan metode resitasi, siswa dituntut untuk belajar sendiri. Para siswa diberi beban tanggung jawab yang harus dipertanggung jawabkan kepada sang guru sehingga secara otomatis siswa harus menyelesaikan tugas tersebut, dan sebagai imbalanya akan mendapat nilai sehingga akan menimbulkan suatu sikap terhadap resitasi tersebut. Sikap atau attitude adalah kecenderungan untuk memberikan penilaian (menerima atau menolak) terhadap obyek yang dihadapi. Sikap positif siswa terhadap resitasi akan membuat siswa tersebut merasa bersemangat dalam mengerjakan resitasi yang diberikan oleh sang guru, dan hal ini berdampak pada motivasi. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan sikap siswa terhadap resitasi dengan motivasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruhnya serta bagaimana implementasi dari resitasi tersebut pada pelajaran Quran Hadis siswa kelas VII akselerasi MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri Propinsi Jawa Timur.
Penelitian ini menggunakan metode campuran antara kuantitatif dan kualitatif dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VII akselerasi MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri yang berjumlah 17 siswa. Dengan jumlah sampel adalah jumlah populasi yang ada karena termasuk populasi yang sangat terjangkau untuk diteliti dengan mengambil tingkat kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode wawancara, metode observasi dan metode angket dengan menggunakan menggunakan model likert. Analisis korelasi dengan teknik statistik uji korelasi product moment dikarenakan variabel x yang berupa sikap siswa terhadap resitasi dan variabel y yang berupa motivasi kedua-duanya berdistribusi normal.
Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa sikap siswa terhadap resitasi mempengaruhi motivasi belajar pada pelajaran Quran Hadis siswa kelas VII akselerasi MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri Propinsi Jawa Timur berada pada kategori sangat kuat (0,995). Hasil analisis dengan koefisien penentu menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap resitasi memberikan sumbangsih sebesar 99% terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Quran Hadis siswa kelas VII akselerasi MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri Propinsi Jawa Timur.
Sedangkan implementasi resitasi pada pelajaran Quran Hadis siswa kelas VII akselerasi MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri Propinsi Jawa Timur dikatakan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari inovasi penugasan/resitasi yang dilakukan yang berupa: a) Mencari contoh tentang materi yang diajarkan, b) Membuat materi dalam bentuk power point dan mendiskusikannya, c) Merangkum materi dan menjadikannya makalah untuk didiskusikan, d) Menghafal surat-surat pendek/ ayat pendek
Tidak tersedia versi lain