Text
Implementasi metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam dalam melaksanakan sholat fardlu pada siswa kelas III SDN Kepuh I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2013/2014 / Nur Annisatus Sholihah
NUR ANNISATUS SHOLIHAH, Dosen Pembimbing Drs. MOH. ROIS, M.A. dan SALMA SUNAIYAH, M.Pd. : Implementasi Metode Demontrasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Sholat Fardlu Pada Siswa Kelas III SDN Kepuh I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014, Guru Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Metode demontrasi, perstasi belajar
Salah satu masalah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah rendahnya prestasi belajar siswa yaitu hanya 25% siswa yang mendapat nilai mencapai kriteria ketuntasan minimal. Setelah dilakukan pengamatan pada pembelajaran sebelumnya yaitu menggunakan metode ceramah, diketahui bahwa masalahnya ada pada motivasi belajar siswa yang rendah. Padahal untukmencapai prestasi belajar salah satu faktornya adalah motivasi terutama motivasi internal. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan metode demontrasi. Demontrasi adalah memberikan kesempatan peserta didik untuk mempratekkan keterampilan spesifik yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan metode demontrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN Kepuh I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.
Jenis penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kepuh I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri yang berjumlah 19 siswa. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada siswa digunakan observasi pada proses pembelajaran.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini adalah bahwa prestasi belajar siswa meningkat yang juga berdampak pada hasil belajarnya yaitu pada prasiklus persentase peningkatan prestasi belajar siswa dengan hasil belajar dengan nilai rata-rata 61,25% siswa mencapai KKM atau 5 dari 19 siswa . Pada siklus I pretasi belajar meningkat menjadi 69,75% siswa mencapai KKM atau 8 dari 19 siswa. Kemudian pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat menjadi 80,4% siswa yang berhasil mencapai KKM atau 14 dari 19 siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demontrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam melaksanakan sholat fardlu pada kelas III SDN Kepuh I. hal ini karena siswa dapat melaksanakan sholat fardlu dengan baik dan benar.
Tidak tersedia versi lain