Text
Discrepancy gratification rubrik komunitas muda Radar Kediri (Study uses and gratification pada siswa Madrasah Aliyah Negeri KOta Kediri 3 terhadap rubrik komu school contest, komu futsal festival, komu basketball competition di Radar Kediri)
RIYA FITROTIN ISNAINI, Dosen Pembimbing, TAUFIK ALAMIN, M.Si dan, PRIMA AYU RIZKI MAHANAN, M.Si.: Discrepancy Gratification Rubrik Komunitas Muda Radar Kediri (Study Uses and Gratification Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3 terhadap rubrik Komu School Contes, Komu Futsal Festival, Komu Basketball Competition di Radar Kediri). Komunikasi Islam, Ushuluddin dan Ilmu Sosial, STAIN Kediri, 2012.
Kata kunci: (Gratification Sought/GS), (Gratification Obtained/GO), KoMu School Contest, KoMu Futsal Festival, KoMu Basketball Competition.
Radar Kediri adalah salah satu media cetak yang khusus menyuguhkan informasi seputar peristiwa yang terjadi di wilayah Kediri yang juga memiliki rubrik khusus remaja. Halaman khusus ini memuat berbagai event yang diselenggarakan Radar Kediri diantaranya KoMu School Contest, KoMu Futsal Festival, KoMu Basketball Competition.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan yang dicari (gratification sought) dan kepuasan yang diperoleh (gratification obtained), sehingga bisa dibandingkan untuk mencari tingkat kesenjangannya (discrepancy gratification) ketika khalayak membaca ulasan KoMu School Contest, KoMu Futsal Festival, KoMu Basketball Competition. Penelitian ini menggunakan pendekatan Uses and Gratification dengan asumsi bahwa khalayak juga aktif seperti halnya sumber pengirim pesan, yang pada dasarnya khalayak menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Mengacu pada kategori motif penggunaan media yang disebutkan oleh McQuail yaitu motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan dan kesenjangan kepuasan milik Philip Palmgreen.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MAN Kota Kediri 3. Penarikan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, dengan responden sebanyak 228 orang. Analisis uji hipotesis dengan memakai statistik uji-t. Uji-t dilakukan dengan membandingkan mean skor GS sebelum dengan mean skor GO sesudah membaca rubrik KSC, KFF, KBC. Bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kesenjangan kepuasan dari perbedaan signifikansi yang ditunjukkan.
Disimpulkan bahwa pada dua motif yaitu motif informasi dan motif hiburan telah dapat memuaskan pembacanya, karena responden mendapat informasi serta hiburan dengan membaca rubrik KSC, KFF, KBC. Sedangkan untuk dua motif lainnya yakni motif identitas pribadi dan motif integrasi dan interaksi sosial pada rubrik KSC, KFF, KBC pada harian Radar Kediri Jawa Pos Group belum bisa memuaskan pembacanya, karena kebutuhan pencarian karakter, dan kebutuhan untuk berinteraksi interaksi sosial lebih dominan.
Tidak tersedia versi lain