Text
Upaya guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pendidikan akhlak di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk tahun 2012
MUHIMMATUL AZIZAH, Dosen pembimbing Prof. Dr. H. NUR AHID, M. Ag dan Dra. MUAWANAH, M.Pd.: Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Akhlak Di MTsN Tanjungtani Tahun 2012, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2012.
Kata kunci: upaya guru, pembentukan karakter siswa, pendidikan akhlak
Banyaknya tindakan penyimpangan akhlak remaja dan pelajar yang terjadi disekitar kita, menunjukkan buruknya karakter mereka. Sejalan dengan fungsi dan perannya, sekolah adalah tempat yang sangat strategis setelah keluarga untuk membentuk akhlak atau karakter siswa. Salah satu langkah yang dapat diterapkan sekolah adalah menerapkan Pendidikan Akhlak dalam keseharian siswa. Sehingga guru perlu melakukan beberapa upaya dalam pembentukan karakter siswa. Fokuskan penelitian ini adalah: 1.Bagaimana pelaksanaan pendidikan akhlak di MTsN Tanjungtani? 2.Bagaimana upaya guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pendidikan akhlak di MTsN Tanjungtani? 3.Faktor apa saja yang menunjang dan menghambat upaya guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pendidikan akhlak di MTsN Tanjungtani? Dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan akhlak di MTsN Tanjungtani, untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pendidikan akhlak di MTsN Tanjungtani, serta untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat upaya guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pendidikan akhlak di MTsN Tanjungtani.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu,1.Pelaksanaan pendidikan Akhlak di MTsN Tanjungtani disampaikan melalui mata pelajaran Akidah Akhlak 2 jam pelajaran dalam kelas. Dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di kelas Tanjungtani menggunakan media LCD Proyektor dan tiga metode yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan. 2.Upaya guru dalam pembetukan karakter siswa melalui pendidikan akhlak di MTsN Tanjungtani adalah: pembiasaan melaksanakn visi sekolah, nasihat, teladan, hukuman, persuasi. 3.Faktor penunjang upaya guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pendidikan akhlak di MTsN Tanjungtani: Adanya perangkat pembelajaran berkarakter, lingkungan yang baik bagi siswa, kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti siswa. Sedang faktor yang menghambat: kurangnya perhatian orang tua pada anak, siswa yang sering melihat TV dan internet yang kurang layak dinikmati siswa.
Tidak tersedia versi lain