Text
Studi komparasi perilaku belajar siswa kelas program excellent dan siswa kelas program reguler kelas VIII di MTsN Kediri 2 tahun pelajaran 2011/2012
RATNA MUFIDATUL MASUDAH, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M. Psi, dan Ninik Zuroidah, M.Si: Studi Komparasi Perilaku Belajar Siswa Kelas Program Excellent Dan Siswa Kelas Program Reguler Kelas VIII Di MTsN Kediri 2 Tahun Pelajaran 2011/2012, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2012.
Kata Kunci : Studi Komparasi, Perilaku Belajar, Program Excellent, Program reguler
Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Dalam belajar terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi, baik faktor intern seperti kesehatan, kecerdasan, minat, bakat, dan motivasi dalam belajar, serta faktor ekstern seperti keluarga, masyarakat, guru, sarana dan prasarana sekolah. Perilaku adalah setiap kegiatan yang dapat dilihat. Perilaku belajar adalah suatu bentuk kegiatan atau aktivitas yang bisa dilihat secara nyata sebagai wujud dari sebuah proses untuk memperoleh perubahan tingkah laku berdasarkan pengalaman dari individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Sehingga perilaku tiap individu itu berbeda. Siswa program excellent dan regular mempunyai persamaan dan perbedaan tertentu. Untuk itu penulis tertarik untuk mendalami tentang perbedaan perilaku belajar program excellent dan regular. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah perilaku belajar siswa program Excellent di MTsN Kediri 2?, 2) Bagaimanakah perilaku belajar siswa program Reguler di MTsN Kediri 2?, 3) Apakah terdapat perbedaan perilaku belajar antara siswa program Excellent dan program Reguler di MTsN Kediri 2?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel yang berjumlah 57 siswa kelas program excellent, serta 80 siswa kelas program reguler, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah t-Test Independent yang digunakan untuk mengetahui Perbedaan perilaku belajar siswa kelas program excellent dan siswa kelas program reguler.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku belajar siswa program Excellent di MTsN Kediri 2 tergolong Baik dengan hasil rata-ratanya yaitu 180,70. 2) Perilaku belajar siswa program Reguler di MTsN Kediri 2 tergolong Baik dengan hasil rata-ratanya yaitu 189,60. 3) Terdapat perbedaan perilaku belajar antara siswa kelas program excellent, dan siswa kelas program regular sebesar 8,9. Perbedaan dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata perilaku belajar siswa kelas program excellent 180,70 dan siswa kelas program reguler 189,60, serta dari faktor yang membedakan program excellent dan program reguler. t-Test independent yang dihasilkan adalah t hitung 2.341 ≥ t tabel 1,960. Maka hasil analisis yang dapat disimpulkan adalah Ho ditolak dan Ha diterima
Tidak tersedia versi lain