Text
Studi komparasi kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa program akselerasi dan program reguler kelas VII di MTs. Negeri Kediri 2
LU’LU’AINI. Dosen pembimbing ISKANDAR TSANI, M.Ag dan IMRON MUZAKI, M.Psi : Studi Komparasi Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Program Akselerasi dan Program Reguler Kelas VII di MTs Negeri Kediri 2, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2012.
Kata kunci: Studi Komparasi, Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa, Program Akselerasi, Program Reguler.
Dalam dunia pendidikan mupun kehidupan sehari-hari, kemampuan komunikasi interpersonal sangat diperlukan oleh seorang siswa karena kemampuan tersebut akan membantu siswa menjalin hubungan harmonis dan kerjasama dengan orang lain untuk untuk mencapai tujuan tertentu. Kemampuan komunikasi interpersonal yang dimiliki seseorang dapat berbeda-beda hal ini diakibatkan pengaruh beberapa aspek yang berasal dari diri seseorang itu sendiri maupun lingkungan. Siswa program akselerasi dan reguler mempunyai persamaan dan perbedaan tertentu. Untuk itu penulis tertarik untuk mendalami tentang perbedaan kemampuan komunikasi interpersonal siswa program akselerasi dan reguler, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal siswa program akselerasi di MTs Negeri Kediri 2?. 2) Bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal siswa program reguler di MTs Negeri Kediri 2?. 3) Apakah terdapat perbedaan antara kemampuan komunikasi interpersonal siswa program akselerasi dan reguler di MTs Negeri Kediri 2?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Kediri 2 yang berjumlah 228. Sedangkan sampel penelitian siswa program reguler adalah 138 dan akselerasi sejumlah 14. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket. Sedangkan analisis data statistik menggunakan rumus independent sample t test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan komunikasi interpersonal siswa program akselerasi di MTs Negeri Kediri 2 tergolong baik dengan rata-rata 176,84. 2) kemampuan komunikasi interpersonal siswa program reguler di MTs Negeri Kediri 2 tergolong baik dengan rata-rata 172,81. 3) Tidak Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi interpersonal siswa program akselerasi dan reguler di MTs Negeri Kediri 2 karena hasil t hitung sebesar 1,118 lebih kecil dari t tabel sebesar 1,960 dengan taraf signifikan 5%. Kesimpulan ini juga diperkuat dengan melihat pada skor signifikansi tabel independent sample t test diatas sebesar 0,265 jauh lebih tinggi daripada skor alpha 0,05
Tidak tersedia versi lain