Text
Efektifitas pembelajaran al-qur'an dengan metode yanbu'a untuk menunjang kemampuan siswa dalam membaca al-qur'an (studi kasus di kelas VII MTs.Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri)
MOH NADLIF AHSAN, Dosen Pembimbing Prof. Dr. NUR AHID, M.Ag. dan H. M. ILHAM THOHARI, S.H. M.HI.: Efektifitas Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a untuk Menunjang Kemampuan Siswa dalam Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di Kelas VII MTs. Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2012.
Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Yanbu’a, Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an
Dalam rangka melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan tentang baca Al-Qur’an, maka diperlukan model pengajaran yang efektif dan efisien. Sehingga mencapai tujuan yang diharapkan. Dan kini banyak tersebar luas tentang model pembelajaran baca Al-Qur’an yang diterapkan oleh sebuah lembaga pendidikan. Salah satunya yaitu metode Yanbu’a yang kini digunakan oleh MTs. Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri sebagai metode untuk belajar membaca Al-Qur’an. Penelitian ini adalah bermaksud untuk Mengetahui Penerapan Metode Yanbu’a dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di MTs. Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri, Mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs. Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri serta Mengetahui keefektifan metode Yanbu’a untuk menunjang kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di kelas VII MTs. Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Sesuai dengan pendekatan ini, kehadiran peneliti sangat penting, karena peneliti adalah instrumen kunci untuk menangkap makna yang ada. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengategorikan data. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Dalam penelitian ini dihasilkan tiga temuan, yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Yanbu’a di kelas VII MTs. Hidayatus Sholihin dilaksanakan dengan alokasi waktu 60 menit yang diterapkan dengan menggunakan dua metode yakni klasikal dan individual. Perinciannya adalah 15 menit klasikal I, 30 menit individual, dan 15 menit klasikal II. 2) Kemampuan siswa kelas VII MTs. Hidayatus Sholihin mayoritas masih didominasi oleh pendalaman materi makhorijul huruf dan sifatul huruf. Dan berdasarkan uji kemampuan, maka rata-rata kemampuan siswa dalam menerapkan makhorijul huruf dan sifatul huruf adalah baik. 3) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di kelas VII MTs. Hidayatus Sholihin terbukti efektif untuk menunjang kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pelaksanaan proses pembelajaran yang berjalan baik serta hasil tes kemampuan menerapkan makhorijul huruf dan sifatul huruf kepada siswa yang hasilnya juga baik.
Tidak tersedia versi lain