Text
Kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam mengefektifkan kinerja guru di MAN 2 Kediri tahun 2011/2012
DEWI RAHMAWATI, Dosen Pembimbing I Dra. Muawanah, M.Pd dan Dosen Pembimbing II Dra. Fartika Ifriqia, M.Pd: Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengefektifkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri II Kediri, Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam , STAIN Kediri, 2012.
Kata kunci : Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Kepemimpinan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif. Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang memiliki peran kepemimpinan manajerial yang berkaitan dengan tugas-tugas manajer yang mampu membuat rencana sesuai dengan prgram dan tujuan sekolah, mampu mengelola dan memanfaatkan sumberdaya yang ada disekolah serta mampu mencapai tujuan sekolah yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam mengefektifkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri II Kota Kediri.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah studi kasus, adapun data yang peneliti dapatkan berasal dari hasil observasi dan hasil wawancara kepada kepala sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Prosedur pengumpulan data yang peneliti pakai adalah observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data yang meliputi kegiatan pengurutan, pengorganisasian data, pemilahan menjadi satu-satuan tertentu, sintesis data, penemuan hal-hal yang penting dan dipelajari serta penentuan apa yang harus dikemukakan kepada orang lain.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam mengefektifkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri II Kediri yaitu: 1) menyusun perencanaan kinerja guru meliputi kedisiplinan, motivasi, komunikasi dan pembinaan keilmuan guru. 2) mengembangkan organisasi sesuai dengan kebutuhan. 3) memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal. 4) melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
Tidak tersedia versi lain