Text
Pemanfaatan alat peraga bagi anak tunagrahita taraf ringan pada tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri
RIRIN NUR HASANAH. Dosen Pembimbing Dr. ALI ANWAR, M.Ag dan MUHAMMAD YASIN, M.Pd.: Pemanfaatan Alat Peraga bagi Anak Tunagrahita Taraf Ringan pada Tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2012.
Kata kunci: Pemanfaatan Alat Peraga, Anak Tunagrahita Taraf Ringan
Alat peraga merupakan alat yang digunakan guru ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang akan disampaikan. Alat peraga sangatlah diperlukan, supaya peserta didik dengan mudah dapat menerima pesan dari pendidik, serta supaya proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Sehingga ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan mengghadirkan alat peraga sebagai perantara. Dalam hal ini, pada umumnya anak tunagrahita memiliki kesulitan dalam memahami konsep yang bersifat abstrak, sehingga mereka membutuhkan aktivitas pembelajaran yang dimulai dari tahap konkrit. Untuk menkonkritkan konsep yang bersifat abstrak, maka diperlukan alat peraga. Alat peraga yang terdapat di SMPLB tunagrahita taraf ringan dikatakan cukup, meskipun belum sempurna. Sehingga timbul pertanyaan dalam hati peneliti, apakah alat peraga tersebut oleh para pendidik dimanfaatkan dalam proses pembelajaran secara maksimal atau tidak. Untuk itu, penulis mencoba mengkaji tentang pemanfaatan alat peraga bagi anak tunagrahita taraf ringan pada tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri.
Berdasarkan judul tersebut, maka fokus penelitiannya adalah: 1) Apa saja alat peraga yang sering digunkan oleh guru bagi anak tunagrahita taraf ringan pada tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri? 2) Bagaimana langkah guru dalam memanfaatkan alat peraga sebagai upaya untuk memudahkan siswa dalam menangkap materi bagi anak tunagrahita taraf ringan pada tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri? 3) Apa faktor pendukung dalam pemanfaatan alat peraga bagi anak tunagrahita taraf ringan pada tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri? 4) Apa faktor penghambat dalam pemanfaatan alat peraga bagi anak tunagrahita taraf ringan pada tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri? Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sesuai dengan pendekatan kualitatif, bahwa kehadiran peneliti merupakan instrumen kunci dalam menangkap makna sekaligus sebagai pengumpul data. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Untuk analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah:1) Alat peraga yang sering digunakan oleh guru bagi anak tunagrahita taraf ringan pada tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri, kurang dimanfaatkan secara optimal. Dari sekian alat peraga yang tersedia di SMPLB tunagrahita taraf ringan, tidak semua alat peraga digunakan. Dalam memanfaatkan alat peraga disesuaikan dengan materinya. Alat peraga yang tidak pernah ketinggalan dan sering digunakan oleh guru adalah alat peraga klasik berupa papan tulis. Dan penekanannya menggunakan alat peraga nyata. 2) Langkah-langkah pemanfaatan alat peraga bagi anak tunagrahita taraf ringan pada tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri, adalah sebagai berikut: Menetapkan tujuan mengajar dengan menggunakan alat peraga, persiapan kelas, langkah penyajian pelajaran dan pemanfaatan alat peraga, langkah kegiatan belajar, langkah evaluasi pelajaran. 3) Faktor yang mendukung pemanfaatan alat peraga bagi anak tunagrahita taraf ringan pada tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri, adalah sebagai berikut: tersedianya sarana prasarana, anak tunagrahita sulit memahami konsep yang bersifat abstrak. 4) Faktor yang menghambat pemanfaatan alat peraga bagi anak tunagrahita taraf ringan pada tingkat SMPLB di SLB Putera Asih Kota Kediri, adalah sebagai berikut: kurang dimanfaatkannya alat peraga modern seperti LCD yang ada di sekolah, kurangnya dorongan dari kepala sekolah untuk menggunakan alat peraga terutama alat peraga modern
Tidak tersedia versi lain