Text
Penerapan metode group discuss untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XB Madrasah Aliyah AlFatah Badas tahun pelajaran 2011/2012
DWI AGUSTIYANI, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Rois, MA., dan Saifullah, M.Ag: PENERAPAN METODE GROUP DISCUSS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ KELAS XB MA AL-FATAH BADAS TAHUN PELAJARAN 2011-2012.
Kata kunci: Group Discuss, Prestasi Belajar, Pelajaran Aqidah Akhlak
Sekolah merupakan salah satu wadah untuk mencapai prestasi, peran yang cukup penting adalah pola pengajaran yang dilakukan oleh orang tua dan guru. Guru memiliki posisi kedua setelah orang tua, maka guru harus faham bagaimana cara mengasuh dan mendidik anak didiknya supaya anak didiknya bisa maksimal dalam proses belajarnya. Dan metode guru yang digunakan diupayakan harus sesui dengan keadaan anak didik. Salah satu metode pengajaran anak dalam kelas untuk aktif adalah metode diskusi / group discuss. Diharapkan agar anak didik bisa semakin bersemangat dalam belajar dan meningkat prestasinya. Penelitian ini difokuskn pada: 1) Mengetahui apakah penerapan metode Group Discuss dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlaq kelas XB Madrasah Aliyah Al-Fatah. 2) untuk mengetahui prestasi apa yang didapat siswa setelah menerapkan metode Group Discuss pada mata pelajaran aqidah akhlaq kelas XB Madrasah Aliyah Al-Fatah. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan penerapan metode group discuss dalam meningkatkan prestasi siswa. 2) serta mendeskripsikan prestasi yang dicapai setelah penerapan metode group discuss pada siswa kelas XB MA. Al-Fatah Badas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian disusun dalam satuan siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru Aqidah Akhlaq. Penelitian tiga siklus secara berdaur ulang meliputi: 1. Perencanaan 2. Tindakan 3. Observasi 4. Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XB Madrasah Aliyah Al-Fatah Badas yang berjumalah 24 siswa. alat pengumpul data meliputi, observasi, tes, dan diskusi. Pembelajaran dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut: 1) Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok. 2) Guru membagikan soal. 3) Guru memberikan penjelasan tentang materi yang akan didiskusikan. 4) Guru memberikan pertanyaan masing-masing kelompok. 5) Guru memberikan waktu kepada siswa untuk berdiskusi 6) Para siswa diberi kesempatan mempresentasikan materi dan menyampaikan jawaban dari soal yang telah ditentukan guru ditiap-tiap kelompok.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XB Madrasah Aliyah Al-Fatah Badas Tahun Ajaran 2011-2012. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil tes yang dilakukan, yang menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa selalu mengalami peningkatan tiap siklusnya. 1) Siklus I prestasi belajar adalah 65% terdapat 9 siswa yang tidak tuntas, 2) siklus II prestasi belajar meningkat 83% terdapat 4 siswa yang tidak tuntas, dan 3) siklus III menjadi 100% semua siswa tuntas dalam belajarnya.
Tidak tersedia versi lain