Text
Kinerja kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru MTsN Kanigoro Kab. Kediri
Agus Dwi Santosa, Dosen Pembimbing I Ibu Dra Fartika Irfiqia, M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Bapak Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I.: Kinerja Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru MTsN Kanigoro Kras Kab. Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2012.
Kata Kunci: Kepala Madrasah, Supervisor, Kompetensi Pedagogik Guru
Salah satu usaha untuk menciptakan sistem pendidikan yang baik adalah dengan meningkatkan kompetisi pedagogik guru. Peningkatan kompetisi pedagogik guru ini tidak cukup hanya dengan kemampuan guru itu sendiri, namun kepala madrasah mempunyai peran yang sangat penting. Dalam hal inilah pentingnya kepala madrasah sebagai supersivor. Supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah sangatlah urgen sekali untuk meningkatkan kompetisi pedagogik guru dan meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui kinerja kepala madrasah sebagai supervisor dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru MTsN Kanigoro Kras Kab. Kediri.
Dalam pelaksanaan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk melaksanakan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja yang telah dilaksanakan oleh kepala madrasah sebagai survisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru MTsN Kanigoro Kras Kab. Kediri adalah dengan melaksanakan pendidikan in-service yaitu dengan cara, pembinaan terhadap guru, pembinaan kurikulum, pembinaan kedisiplinan, pemberian motivasi, dan pemberian penghargaan kepada guru yang berprestasi. Adapun faktor yang mempengaruhi peningkatan kompetensi pedagogik guru adalah faktor dana, faktor waktu, dan faktor budaya madrasah.
Tidak tersedia versi lain