Text
Analisa novel Laskar Pelangi dilihat dari sudut pandang pendidikan karakter
AIS ZATUL MUSTAKIMAH, Dosen Pembimbing Drs. MOH. ROIS, MA dan SALMA SUNAIYAH, S.Ag M. Pd : Analisa Novel Laskar Pelangi Dilihat Dari Sudut Pandang Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2012.
Kata Kunci: Novel Laskar Pelangi, Pendidikan Karakter.
Novel merupakan salah satu bacaan yang digemari di masyarakat, baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Dalam sebuah novel terdapat pesan yang ingin disampaikan penulis. Salah satu novel yang mengusung dunia pendidikan adalah novel Laskar Pelangi. Di dalam novel tersebut juga mengandung unsur-unsur pendidikan karakter.
Di era modern ini pendidikan karakter sangatlah diperlukan untuk membentuk kepribadian anak didik agar berakhlak mulia. Karena tantangan yang dihadapi kedepan akan semakin sulit, banyak sekali perilaku – perilaku negatif yang tidak sesuai dengan tujuan mulia pendidikan. Banyak perilaku yang sama sekali tidak mencerminkan sebagai remaja yang terdidik. Misalnya tawuran antarpelajar, tersangkut jaringan narkoba, baik sebagai pengedar maupun pemakai, atau melakukan tindakan asusila. Mengenai tindakan asusila ini, betapa sedih kita mendengar kabar beberapa pelajar tertangkap karena melakukan adegan intim layaknya suami istri, merekamnya, lantas mengedarkannya melalui internet.
Belum lagi kasus korupsi yang ternyata dilakukan oleh pejabat yang notabene adalah orang – orang yang berpendidikan. Tindak korupsi ini merupakan termasuk penyalahgunaan jabatan dan wewenang.
Darisinilah pendidikan karakter amat diperlukan bagi dunia pendidikan di Indonesia. Untuk membangun kembali pondasi anak didik agar tidak tergerus arus pergaulan yang semakin bebas. Dari sinilah peneliti ingin menganalisis isi novel Laskar Pelangi yang mengandung pendidikan karakter.
Penelitian ini adalah studi pustaka yakni menjadikan buku sebagai sumber dari kajian. Dan menggunakan metode analisis isi, dengan menganalisis isi dari novel laskar pelangi yang mengandung karakter dan metode pembelajarannya. Sedangkan rumusan masalahnya adalah apa saja karakter yang terdapat dalam novel laskar pelangi dan bagaimana metode pembelajaran pendidikan karakter dalam novel laskar pelangi.
Hasil analisa dari penelitian ini adalah karakter-karakter dalam novel laskar pelangi terbagi menjadi lima nilai karakter dalam novel laskar pelangi, yaitu nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa (Religius), nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri, nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama, nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan, nilai karakter dalam hubungan dengan kebangsaan. Selain itu ada beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan karakter yang dilakukan oleh Bu Mus dan Pak Harfan yaitu metode pembelajaran qishah atau cerita, metode pembelajaran amtsal atau perumpamaan, metode pembelajaran uswah atau keteladanan, metode pembelajaran pencarian bersama, metode pembelajaran pembiasaan, metode pembelajaran penjernihan nilai
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain