Text
Pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI reguler di MAN Nglawak Kertosono tahun ajaran 2011/2012
DWI NIKMATUL HUSNA, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M. Psi. dan Ninik Zuroidah, M.Si.:Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2012.
Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial Guru, Motivasi Belajar.
Sebagai seorang pengajar dan pendidik guru perlu memelihara dan meningkatkan motivasi belajar siswa salah satunya dengan menjalin hubungan yang baik dengan siswa. Hubungan dan komunikasi yang baik antara guru dan siswa sangatlah diperlukan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Untuk itu guru harus mempunyai kompetensi kepribadian (personal) dan kompetensi sosial yang baik. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui bagaimana kompetensi kepribadian guru kelas XI Reguler di MAN Nglawak Kertosono, 2. Mengetahui bagaimana kompetensi sosial guru kelas XI Reguler di MAN Ngalawak Kertosono, 3. Mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI Reguler di MAN Nglawak Kertosono, 4. Mengetahui adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Reguler di MAN Nglawak Kertosonoa, 5. Mengetahui adakah pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Reguler di MAN Nglawak Kertosono, 6. Mengetahui adakah pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Reguler di MAN Nglawak Kertosono.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa reguler kelas XI MAN Nglawak Kertosono yang berjumlah 288 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah 158 siswa, instrumen dan metode yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi, analisis regresi sederhana digunakan untuk analisis dengan satu variabel X, sedangkan analisis regresi ganda digunakan untuk analisis dengan dua variabel X.
Hasil yang didapat dari penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa (variabel Y) sebesar 0,133, jika dibuat dalam bentuk persen adalah sebesar 13,3%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,262 jika dibuat dalam bentuk persen adalah sebesar 26,2%. Dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,262, jika dibuat dalam bentuk persen adalah sebesar 26,2%.
Tidak tersedia versi lain