Text
Persepsi mahasiswa tentang membuat makalah (studi kasus pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAIN Kediri)
MOCH. ICHWAN DARMAWAN. Dosen Pembimbing Drs. Moh. Rois, MA dan Ahmad Taufiq. S.Ag, M.Si : Persepsi Mahasiswa Tentang Tugas Membuat Makalah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAIN Kediri), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah STAIN Kediri, 2012
Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa, Tugas Makalah
Di dalam dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi, dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dari yang namanya tugas karya ilmiah. Mutu sebuah perguruan tinggi bukan ditentukan dengan gedung-gedung yang megah ataupun jumlah mahasiswanya yang banyak melainkan produktivitas karya ilmiahnya, karya ilmiah disini adalah makalah yang dibuat oleh mahasiswa. Kelebihan makalah yaitu (a) meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, (b) menjadikan mahasiswa lebih aktif (c) menjadikan mahasiswa gemar membaca (d) meningkatkan kemampuan dalam berkarya ilmiah (e) menjadikan mahasiswa berkualitas setelah lulus nanti. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana persepsi mahasiswa tentang tugas membuat makalah oleh Dosen? 2. Bagaimana persepsi mahasiswa tentang presentasi makalah saat berlangsung didalam kelas? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang tugas membuat makalah oleh dosen. 2. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang presentasi makalah saat berlangsung didalam kelas.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Sesuai pendekatan ini, kehadiran peneliti di lapangan sangat penting, karena peneliti merupakan instrumen kunci untuk menangkap makna yang ada. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari informan merupakan sumber data utama dalam penelitian ini. Sedangkan data tambahan berupa dokumen. Dalam hal ini analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan, data yang dicari melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap akhir dari analisis data ini adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan beberapa teknik antara lain perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Dalam penelitian ini dihasilkan tiga temuan, yaitu 1) Persepsi mahasiswa tentang tugas membuat makalah, bahwa tugas membuat makalah dapat meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa sehingga mahasiswa lebih aktif dan gemar membaca buku. 2) Persepsi tentang presentasi makalah pada saat berlangsung di dalam kelas, disini terdapat penemuan penting yaitu (a) mahasiswa kurang menguasai makalah yang ditulis (b) sebagian besar dari dosen masih sedikit yang melakukan tindak lanjut pada makalah mengenai isi dan penulisan karya ilmiah
Tidak tersedia versi lain