Text
Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII di MTsN Kediri 2
NUR ROHMAH, Dosen Pembimbing Drs. ISKANDAR TSANI, M.Ag. dan IMRON MUZAKKI, M.Psi. : Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Kediri, 2010.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini dilakukan karena krisis akhlak yang menerpa semua lapisan masyarakat. Tidak terkecuali juga pada anak-anak usia sekolah. Untuk mencegah lebih parahnya krisis akhlak, kini upaya pemerintah mulai dirintis melalui pendidikan karakter bangsa. Dalam pemberian pendidikan karakter bangsa di sekolah, diberikan secara terintegrasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian dilaksanakan di MTsN Kediri 2, sebab MTsN Kediri 2 merupakan salah satu lembaga pendidikan Formal di Tingkat Sekolah Menengah yang memiliki Prestasi terbaik Tingkat Nasional. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di MTsN Kediri 2, faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di MTsN Kediri 2, dan upaya meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di MTsN Kediri 2.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dalam penelitian ini dihasilkan tiga penemuan yaitu 1) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di MTsN Kediri 2: a. Dilaksanakan secara terintegrasi ke dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam b. Kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pembelajaran kooperatif dan kontekstual c. Evaluasi untuk penilaian karakter siswa digabungkan dengan nilai pendidikan agama Islam yang telah diintegrasikan. Jadi, guru tidak membuat format penilaian khusus cara menilai karakter siswa. d. Guru menilai karakter siswa diluar kelas. 2) Faktor pendukung: a. Adanya program edukasi “kantin kejujuran” b. sarana prasarana yang memadai c. Lingkungan sekolah yang kondusif d. Guru bersikap ramah dan santun kepada siswa. 3) Upaya untuk meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di MTsN Kediri 2: a. mendatangkan pengajar dari lembaga-lembaga lain untuk melihat kecerdasan EQ dan SQ siswa b. mengikutsertakan guru-guru dibidangnya untuk mengikuti penataran-penataran c. Guru selalu memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa d. Melakukan konseling terhadap siswa e. Mengadakan kerjasama dengan wali murid
Tidak tersedia versi lain