Text
Kontekstualisasi pemanfaatan media dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits siswa kelas XI di MAN 3 Kota Kediri 2012
LAILI NUR AZIZAH, Dosen Pembimbing Drs. H. M. Noer Hadi, M.A dan Muhammad Yasin, S.Ag.,M.Pd: Kontekstualisasi Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran AlQuran Hadits Siswa Kelas XI di MAN 3 Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam (PAI), Tarbiyah, STAIN Kediri, 2012.
Kata kunci: Kontekstualisasi, Media Pembelajaran.
Kontekstualisasi merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang mengakui dan menunjukkan kondisi alamiah pengetahuan. Melalui hubungan di dalam maupun di luar ruang kelas, suatu pendekatan pembelajaran kontekstual menjadikan pengalaman lebih relevan dan berarti bagi siswa dalam membangun pengetahuan yang akan mereka terapkan dalam kehidupan. Pembelajaran kontekstual juga memerlukan media di dalamnya. Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan oleh guru atau penggunaan alat peraga dalam merangsang pikiran, perasaan, perhatian, kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa. Penggunaan media secara kreatif akan memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik dan meningkatkan perfoman sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang: Kontekstualisasi Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran AlQuran Hadits Siswa Kelas XI di MAN 3 Kota Kediri. Dengan fokus penelitian: 1)Bagaimana kontekstualisasi pemanfaatan media dalam pembelajaran AlQuran Hadits siswa kelas XI di MAN 3 Kota Kediri? 2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat kontekstualisasi pemanfaatan media dalam pembelajaran AlQuran Hadits siswa kelas XI di MAN 3 Kota Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Kontekstualisasi Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran AlQuran Hadits Siswa Kelas XI di MAN 3 Kota Kediri adalah: 1)Kontekstualisasi Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran AlQuran Hadits Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri adalah jenis-jenis media yang digunakan adalah komputer, LCD proyektor dan media cetak lainnya. Pelaksanaan kontekstualisasi media di dalam kelas menjadikan siswa aktif, kreatif, optimal dalam belajar. Sedangkan untuk di luar kelas siswa menjadi tertarik dan termotivasi semangat dalam belajar 2)Faktor pendukungnya adalah kepala sekolah yang fleksibel dalam membuat aturan, sumber daya manusia (SDM) dari pendidik yang mumpuni, tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap, input siswa yang berkualitas, adanya bentuk-bentuk pelatihan bagi peningkatan kualitas tenaga pendidik. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah masih ada sebagian guru yang enggan untuk memanfaatkan media karena faktor usia sehingga membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra untuk menyesuaikan strategi pembelajaran yang baru; Masalah biaya (dana); waktu pembelajaran yang kurang
Tidak tersedia versi lain