Text
Nilai-nilai pendidikan islam bagi etika remaja dalam Surat Yusuf
Ayi Sisma Roisudin. Dosen Pembimbing Wahidul Anam, M.Ag dan Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Etika Remaja Dalam Surat Yusuf. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri
Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Etika Remaja, Surat Yusuf
Pendidikan Islam adalah suatu usaha untuk mengarahkan, membimbing, membentuk jasmani dan ruhani peserta didik agar menjadi insan yang kamil yakni setiap sendi kehidupannya selalu diwarnai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Dewasa ini, banyak terjadi kasus penyimpangan nilai-nilai agama khususnya di kalangan remaja yang emosionalnya kurang stabil. Jiwanya dipenuhi oleh semangat, keaktifan, cinta, dan harapan. Kasus dekadensi moral yang terjadi di kalangan remaja tersebut menujukkan indikasi bahwa tujuan Pendidikan Islam belum tercapai dengan baik. Hal ini disebabkan kurang tertanamnya nilai-nilai pendidikan Islam dalam jiwa peserta didik (remaja).
Al-Qur’an yang merupakan sumber utama pendidikan Islam berbicara banyak tentang pendidikan, baik mengenai tujuan, materi, serta metode pendidikan diantaranya adalah metode kisah. Diantara sekian banyak kisah yang dipaparkan dalam Al-Qur’an, ada satu kisah yang paling bagus dan indah, yaitu kisah nabi Yusuf yang hanya terdapat dalam Surat Yusuf. Menariknya kisah ini tidak hanya berbicara tentang masalah akidah saja, di dalamnya juga dijumpai masalah etika/akhlak, seni, interaksi sosial, politik, persahabatan dan cinta dengan menampilkan tokoh utama seorang pemuda yang tampan, cerdas, tangguh, berani, dan berakhlak mulia. Dia adalah nabiyullah Yusuf yang tumbuh dibawah asuhan orang tua yang bijaksana, penuh pengertian dan sabar.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali nilai-nilai pendidikan Islam terkait dengan pendidikan etika/moral remaja yang terkandung dalam Surat Yusuf , serta relevansinya dengan pendidikan remaja untuk kemudian bisa dijadikan pedoman dalam bertingkah laku
Jenis penelitian yang penulis gunakan disini adalah penelitian murni deskriptif kualitatif dengan metode library research , yaitu suatu riset kepustakaan. Data- data diperoleh dengan dokumentasi yang diambil dari Sumber utama yaitu Al-Qur’an, Hadis, kitab-kitab tafsir baik klasik maupun kotemporer dan karangan ilmiah. Disini, penulis menggunakan teknik analisis isi (content analisis) dari ayat-ayat dalam surat Yusuf sekaligus dari tafsirannya untuk menemukan nilai-nilai pendidikan Islam yang relevan dengan remaja.
Hasil dari penelitian yang dapat penulis paparkan disini bahwa dalam Surat Yusuf mengandung nilai-nilai etika remaja terhadap Tuhan meliputi: sabar, , taqwa, iffah dan al- haya’, dan berdoa; etika remaja terhadap diri sendiri meliputi: memanfaatkan waktu dengan baik, dan menahan nafsu;etika remaja terhadap orang tua meliputi: tidak melupakan kebaikan dan jasa; etika remaja terhadap sesama meliputi pemaaf dan tidak memiliki rasa dendam, amanah, dan tawadhu.
Adapun Relevansi Kandungan Surat Yusuf dengan Pendidikan remaja ada dua, yaitu relevansi metode kisah dalam pendidikan remaja dan relevansi sikap orang tua dalam mendidik remaja
Nilai-nilai pendidikan etika bagi remaja yang penulis sampaikan di atas, diharapkan menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki moral remaja agar tujuan pendidikan Islam untuk membentuk generasi bangsa yang beriman, berakal, dan berakhlak sesuai dengan Al-Qur’an bisa terwujud.
Tidak tersedia versi lain