Text
Perbedaan kecemasan dalam menghadapi ujian antara siswa akselerasi dan reguler di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk
MOCHAMAD BADRUSALIM. Dosen Pembimbing Dra. Hj. MUNIFAH, M.Pd dan IMRON MUZAKI, M.Psi.: Perbedaan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Antara Siswa Akselerasi Dan Reguler Di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2012.
Kata kunci: Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian, Akselerasi dan Reguler.
Perasaan cemas dalam menghadapi ujian pasti dialami oleh setiap orang. Dalam pelaksanaan pendidikan ada dua istilah yang kita jumpai yaitu program reguler yang bersifat massal dan akselerasi (percepatan) sebagai pemberian perhatian khusus kepada peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa (berbakat). Dalam hal kecemasan menghadapi ujian, siswa program reguler disebabkan oleh faktor dari dalam dirinya, sedangkan bagi siswa program akselerasi yang digolongkan berbakat mempunyai rasa cemas gagal mempertahankan prestasinya. Dari beberapa karakteristik pendidikan akselerasi dan reguler, peneliti ingin mengetahui sejauh mana perbedaan kecemasan dalam menghadapi ujian antara siswa akselerasi dan reguler di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah, a) Bagaimana kecemasan dalam menghadapi ujian siswa akselerasi di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk?, b) Bagaimana kecemasan dalam menghadapi ujian siswa reguler di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk?, c) Bagaimana perbedaan kecemasan dalam menghadapi ujian antara siswa akslerasi dan reguler di MTsN Tanjungtani Nganjuk?.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTsN Tanjungtani Prambon sebanyak 300 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 172 siswa yang terdiri dari 15 siswa akselerasi dan 157 reguler. Pengambilan sampel dengan teknik proportioneted stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Sedangkan analisis data statistik dengan rumus t-test of independent.
Hasil pelenelitian dapat disimpukan bahwa kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa akselerasi dengan mean 155,4 masuk dalam kategori sedang. Sedangkan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa reguler dengan mean 154,5 juga masuk dalam kategori sedang. Untuk perbedaan kecemasan dalam menghadapi ujian antara siswa akselerasi dan reguler, tidak terdapat perbedaan yang signifikan, hal ini tampak pada hasil uji t-test of independent diperoleh Thitung 0.118 < Ttabel 1.974017 dan juga Sig. 0,906 Alpha 0,05 berarti terima Ho. Dengan diterimanya Ho, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan kecemasan dalam menghadapi ujian antara siswa akselerasi dan reguler di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk.
Tidak tersedia versi lain